Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Air Mata Bahagia Karena Program TMMD Kodim 0201/BS

Air Mata Bahagia Karena Program TMMD Kodim 0201/BS

Medan, SumutOnline– Bertahun-tahun tinggal sendiri di ujung Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang, jalan  kaki berkilo meter untuk bisa belanja dan kerap dikepung  air pasang, membuat Arsanah (43) , janda tanpa anak ini diselimuti rasa pesimis. Tingkat ekonomi yang sangat buruk, membuat pemburu lokan dengan penghasilan hanya Rp 120 ribu perbulan ini, hanya berharap mukjizat Tuhan atas nasibnya.

“Tiba-tiba datang bapak-bapak tentara, rame datang ke rumah ini, bilang bahwa jalan ini mau dibangun dan tembus ke Marelan. Mereka minta izin, bahkan bapak-bapak itu juga janji akan membantu betulin rumah saya ini. Rasanya, mukjizat  datang ke pangkuan saya,” tutur Arsanah kepada SumutOnline dengan air mata berlinang.

Sudah 8 tahun Arsanah tinggal sendiri di rumah berukuran 3 kali 6 berdinding papan dan beratap seng. Semua atap sengnya sudah rusak, dapurnya hancur dan untuk menutup dinding bagian atas yang sering diterpa air hujan, Arsanah menutupnya dengan spanduk-spanduk.

“Kalau hujan lebat, angin kencang, pindahlah saya ke sini karena masuk air dimana-mana. Sampai pagi tu payah saya tidur, takut rumahnya ambruk diterjang angin, saya saya bezikir sepanjang malam,” ujar Arsanah sambil menunjukkan sudut rumah tempat dia bisa berteduh saat hujan deras.

Arsanah adalah satu dari ribuan warga yang merasa sangat beruntung dengan kehadiran program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0201/BS di kawasan Secanang Belawan.  Program TMMD tahun 2017 kali ini menyasar berbagai kegiatan, diantaranya Pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di kampung Sentosa Timur lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan; Perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan  Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan.

Pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang;  Perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan; Perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehaban SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang.

Sudah berpuluh tahun, warga kawasan Sentosa Timur menjadi tumpahan saat air pasang. Dalam kondisi normal, air pasangan menggenangi kawasan itu dengan ketinggian antara 30 centi hingga 50 centimeter. Dalam keadaan pasang besar, ketinggian air mencapai 1 meter. Jarak tempuh menuju ke kampung lainnya terbilang lumayan jauh. Tak heran, jika Arsanah dan beberapa warga miskin lainnya yang tak punya kenderaan, harus berjalan kaki walau hanya sekedar berbelanja kebutuhan pokok. Dengan pembangunan jalan, diharapkan kawasan ini tidak lagi terisolir dan mempercepat penguatan ekonomi. (Laporan : Yose Piliang)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *