Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Keberadaan Museum Harus Bisa Angkat Kearifan Lokal

Keberadaan Museum Harus Bisa Angkat Kearifan Lokal

Medan, SumutOnline – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyambut baik rencana akan diresmikan dan dibukanya galeri seni dan museum seni di Kecamatan Silau Laut, Kecamatan Kisaran Kabupaten Asahan. Pasalnya, selama ini banyak kekayaan Seni budaya dari daerah yang ada di Sumatera Utara tidak diketahui dan tidak diangkat ke permukaan bahkan hilang.

“Diharapkan keberadaan museum ini akan mengangkat kearifan lokal dan juga mempertahankan seni dan budaya kabupaten Asahan dan Sumatera Utara tentunya,” ujar Nurhajizah saat menerima audiensi Pelukis/Perupa Endra Kong asal Asahan dan Ilustrator (designer) Erlin Tjai.

Wagubsu pada kesempatan tersebut didampingi Kadis Budpar Provsu Elisa Marbun dan Kabag di Biro Binkemsos Setdaprovsu Rosmidar. Saat menerima audiensi tersebut Nurhajizah mengharapkan nantinya museum ini juga akan melahirkan para seniman-seniman dari daerah Asahan yang nantinya bisa diikutkan dalam even-even daerah, nasional juga bila memungkingkan untuk even internasional.

“Museum ini nantinya juga akan melahirkan seniman-seniman yang akan menjadi duta daerah Asahan dan Sumatera Utara,” harap Nurhajizah.

Pada kesempatan tersebut Wagubsu juga mengajak Endra Anto Kong untuk bekerjasama dengan pemerintah provinsi Sumatera Utara guna membangun Provinsi Sumatera Utara yang lebih baik dan lebih punya ciri khas. “Seniman seperti Endra Anto diharapkan berikan kontribusi bagi pembangunan Sumut yang lebih baik ke depan,” ajak Nurhajizah.

Sementara Pelukis/Perupa Endra Kong yang asalnya dari Asahan tersebut mengatakan rencana pembukaan museum ini nantinya juga akan mendidik para putra/putri daerah khususnya dari desa-desa yang ada di kabuapten Asahan yang memiliki bakat khususnya dalam seni.

“Selama ini kita lihat, banyak anak-anak yang berbakat dalam seni khususnya dari desa yang ada di Kabupaten Asahan, namun hasil karyanya tidak tertampung,” ujar Endra yang hadir bersama Ilustrator (designer) Erlin Tjai.

Hendra Kong merencanakan di museum ini nantinya akan dipajangkan karya-karya seniman-seniman nasional, khususnya seniman-seniman yang berasal dari Sumatera Utara dan juga karya-karya seniman berbakat dari kabupaten Asahan.

“Kehadiran Ibu Wagubsu, sebagai orang tua kami diharapkan dapat memberi semangat bagi para seniman-seniman yang ada di kabupaten Asahan dan Sumatera Utara khususnya. Kami sangat berharap Ibu Wagubsu bisa meresmikan dan membukanya pada Bulan Agustus mendatang,” ucap Hendra. (ss)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *