Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Pemerintah Akan Tetapkan HET Beras

Pemerintah Akan Tetapkan HET Beras

Medan, SumutOnline – Pemerintah akan terus melakukan penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) pada komoditas beras.

“Setelah gula, daging dan minyak goreng, sekarang beras kita akan coba,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, kemarin.

Selama Ramadhan hingga usai Idul Fitri 1438 H, mengandalkan HET dalam menjaga harga pangan, tidak ada lonjakan harga yang begitu berarti dibandingkan Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu. “Kita jaga pasokan dan kemudian akan ada harga batas. HET akan kami terapkan betul,” ujarnya.

Sementara itu, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya berpendapat bahwa kebijakan penetapan HET ini patut untuk dilanjutkan.

Berly mengatakan, momentum stabilnya harga pangan bisa saja berlanjut jika selama Surat Keputusan (SK) pembatasan HET dari Kemendag tidak dicabut. Selain itu pendaftaran importir tetap berlangsung, terlembaga dan tidak adhoc. Stabilnya harga pangan akan terus berlanjut dan tidak bersifat musiman.

“Selama SK (HET) tidak dicabut dan pendaftaran importir holtikultura tetap berlangsung maka sudah terlembaga dan tidak adhoc,” tandas Berly. (inilah)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *