Selasa 12 Desember 2017
  • :
  • :

Sampah di Penang Capai 700 Kg per Hari

Sampah di Penang Capai  700 Kg per Hari

Medan, SumutOnline – Penang termasuk salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan sebagai destinasi wisata kuliner paling dicari, jika berkunjung ke Malaysia. Namun, hal ini ternyata menimbulkan kekhawatiran baru bagi masyarakat dan otoritas setempat.

Sebuah laporan seperti dilansir laman WorldBuzz menyebutkan, pemerintah negara bagian Penang memperkirakan bahwa rata-rata 700 kilogram makanan terbuang setiap harinya.

Fakta ini juga didukung oleh statistik Departemen Pengelolaan Limbah Padat Nasional yang menyatakan bahwa penyumbang terbesar limbah padat adalah makanan yang menghasilkan 3.000 ton sampah setiap hari

Sebagian besar pemborosan makanan ini diduga berasal dari restoran, hotel, dan perusahaan katering, khususnya katering pernikahan dan open house. Hal ini terjadi, karena para klien katering memesan makanan dalam jumlah banyak. Namun, sebagian besar sisa makanan tersebut tidak dikonsumsi, sehingga berkontribusi terhadap limbah.

Sedangkan restoran, banyak yang juga menghasilkan sampah makanan. Pemilik restoran nasi kandar Line Clear yang terkenal di Penang, Sahubar Ali menceritakan pengalamannya.

“Dalam bisnis nasi kandar, kita harus memasak banyak makanan setiap hari untuk memenuhi selera konsumen. Kami tidak bisa menghindari beberapa hidangan, karena mungkin ada pelanggan yang menyukainya,” ujarnya.

Ali memperkirakan bahwa mereka membuang antara lima hingga 10 kilogram makanan setiap hari. Jumlah itu belum termasuk sisa makanan dipiring pelanggan. (viva)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *