Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Sepanjang 2017, Nilai Tukar Rupiah Alami Penguatan

Sepanjang 2017, Nilai Tukar Rupiah Alami Penguatan

Medan, SumutOnline – Bank Indonesia (BI) mencatat sepanjang 2017 penguatan nilai tukar rupiah sebesar 0,52 persen. Mata uang Garuda ini lebih stabil ketimbang mata uang negara lain.

Gubernur BI, Agus Martowardojo menjelaskan, penguatan rupiah sungguh menggembirakan. Cerminan membaiknya perekonomian di dalam negeri. “Terkait dengan nilai tukar rupiah menguat, secara umum nilai tukar stabil. hingga 7 juli 2017, secara year to date, rupiah menguat 0,52 persen mencapai Rp13.403 per dollar AS,” katanya, baru-baru ini.

Menurut Agus, penguatan ini dipengaruhi oleh rating upgrade dari standard and poor’s dan data makro ekonomi Indonesia yang terus menujukkan kondisi positif dan sentimen positif terhadap prospek ekonomi Indonesia. Penguatan nilai tukar rupiah ini, sejalan dengan negara-negara berkembang lain. Mungkin hanya Turki, Filipina dan Brazil yang nilai mata uangnya masih terkulai.

“Kita lihat chart halaman 11, kelihatan bahwa indonesia tejadi penguatan 0,52 persen selama 2017 dan ini kurang lebih sejalan dengan negara lain. Negara lain seperti Turki, Filipina, dan Brazil menunjukkan kondisi pelemahan, tapi secara umum sampai 7 juli 2017 menununjukkan penguatan 0,52 persen,” tandasnya. (inilah)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *