Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

IMF Ikut Awasi Perpajakan Internasional

IMF Ikut Awasi Perpajakan Internasional

Medan, SumutOnline – Praktik penghindaran pajak lintas negara selama ini menjadi ancaman besar bagi penerimaan pajak pada berbagai negara diseluruh dunia. Padahal, pajak adalah salah satu hal yang sangat diharapkan oleh pemerintah untuk dapat mencapai berbagai target pada program-program yang telah dicanangkan.

Hal ini pun turut menjadi perhatian dari International Monetary Fund (IMF). Praktik penghindaran pajak ini dinilai merugikan setiap negara sehingga perlu diawasi secara bersama pada skala internasional.

“Pajak secara internasional harus berada dalam pengawasan,” ujar Deputy Director, Fiscal Affairs Department IMF Michael Keen, dalam acara International Tax Conference 2017 di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Saat ini, kerjasama pada sektor perpajakan secara internasional memang tengah dijalin oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Kerjasama ini berupa keterbukaan informasi perpajakan atau Automatic Exchange of Information (AEoI).

Khususnya untuk ASEAN, Michael Keen menambahkan, pemahaman terkait perpajakan juga perlu diberikan secara menyeluruh agar tak lagi ada praktik penghindaran pajak. Hanya saja, pemerintah juga perlu berhati-hati dalam memberikan pemahaman agar tak salah dimengerti oleh masyarakat.

“Di ASEAN yang diperhatikan adalah bagaimana memberikan pemahaman terkait pajak dan memberikan perlindungan yang bermanfaat,” jelasnya.

Tak hanya itu, aturan untuk perusahaan asing dalam sebuah negara juga diperlukan. Jika tidak, maka suatu negara akan kesulitan untuk memungut pajak pada suatu perusahaan asing tanpa adanya landasan aturan.

“Hanya saja, peraturan untuk perusahaan asing juga dibutuhkan,” pungkasnya. (okezone)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *