Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

PPDB Online Buat Siswa Terkatung-Katung?

PPDB Online Buat Siswa Terkatung-Katung?

Medan, SumutOnline – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online yang diterapkan Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdiksu) dinilai membuat salah seorang calon siswa SMA di Kota Pematang Siantar terkatung-katung saat  siswa lainnya sudah mulai masuk sekolah ditahun ajaran baru.

Sonya Fransiska Tambunan, masalah yang dialaminya muncul karena sistem PPDB online yang sangat amburadul. Dengan alasan server yang tidak kuat dan website yang dilihat oleh siswa saat pengumuman bukan merupakan website Disdik Sumut, Panitian PPDB mengklaim bahwa mereka sudah melakukan yang terbaik meskipun beberapa jadwal pengumuman menjadi molor.

Ironisnya pada pengumuman yang molor hingga 2 hari karena website PPDB milik Disdik yang tidak dapat diakses tersebut, nama Sonya dinyatakan lulus di SMA Negeri 6 Kota Pematang Siantar. Namun saat pendaftaran ulang, tiba-tiba namanya dinyatakan tidak lulus.

“Kami jadi bingung, kok dipengumuman mereka dinyatakan lulus tapi saat mendaftar ulang namanya tidak ada. Makanya kami datang kesini,” kata orang tua Sonya, Sarmaida Pasaribu saat mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara bersama Anggota DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan, Jumat (14/7/2017).

Sarmaida mengatakan, mereka melihat langsung pengumuman tersebut pada tanggal 24 Juni 2017 sekitar pukul 14.25 WIB. Pada pengumuman yang molor berdasarkan ketetapan yang diatur dalam Pergub Sumut tersebut, nama Sonya sudah dinyatakan lulus. Atas dasar ini jugalah mereka tidak mendaftarkan Sonya ke sekolah lain.

“Sebelum ada pengumuman itu, dia sudah sempat mendaftar ke sekolah Swasta. Tapi, karena lulus disana yang diswasta kami batalkan. Eh sekarang dinyatakan tidak lulus, sementara yang swasta udah tutup. Jadinya anak saya jadi terkatung-katung,” ujarnya.

Saat ini Sonya dan orang tuanya berharap pihak Disdik Sumut dapat memberikan solusi atas persoalan yang dialami oleh mereka. (ss)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *