Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Ekonomi China Tumbuh 6.9 Persen

Ekonomi China Tumbuh 6.9 Persen

Medan, SumutOnline – Pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) China tercatat berada di level 6,9 persen (year on year) di kuartal II-2017. Angka tersebut melampaui ekspektasi dari sejumlah ekonom.

Para ekonom memperkirakan pertumbuhan berada dikisaran 6,8 persen pada periode April hingga Juni. Selain itu, ekonomi juga memperkirakan ekonomi pada kuartal kedua ini akan tumbuh 1,7 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan yang melampaui ekspektasi, dikarenakan berkurangnya kekhawatiran para investor terhadap tingkat utang. Sebelumnya, para investor khawatir dengan pinjaman perbankan yang terus meroket dan kredit yang melonjak lebih dari dua kali lipat.

Positifnya pertumbuhan ekonomi juga turut mempengaruhi data lainnya, seperti investasi aset naik pada periode Januari-Juli sebesar 8,6 persen (yoy). Selain itu, investasi di sektor properti berada di level 8,5 persen atau sama seperti periode sebelumnya.

Penjualan ritel juga meningkat 11 persen di Juni, atau naik dibandingkan perolehan tahun lalu di 10,6 persen. Sementara iru, Shanghai Composite turun 1,11 persen dan Composite Shenzhen turun 2,57 persen. (oke)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *