Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

NASA Rilis Video Menakjubkan di Pluto

NASA Rilis Video Menakjubkan di Pluto

Medan, SumutOnline – National Aeronautics and Space Administration (NASA) belum lama ini berhasil menangkap sesuatu yang tidak pernah diduga dari sebuah planet yang jaraknya paling jauh dari Bumi, yakni Pluto.

Pesawat luar angkasa New Horizons saat ini berada dilebih dari 3.5 miliar jaraknya dari Bumi sepanjang tahun ini telah mengumpulkan pengamatan yang tidak terhitung jumlahnya tentang Planet Pluto dan bulannya tersebut.

Sekarang, badan antariksa itu telah merilis video yang menakjubkan dengan menggunakan data New Horizons dan model elevasi digital yang memperlihatkan sebuah kawah yang buruk di Pluto Cthulhu Macula dan Pengunungan Moated yang aneh pada bulan yang mati milik planet tersebut, yakni Charon.

Selain itu, NASA juga mengumpulkan kumpulan peta elevasi global yang lebih menakjubkan yakni menunjukkan medan kompleks Pluto dan Charon.

Kompleksitas system Pluto dari geologi ke system satelitnya ke atmosfernya telah melampaui imajinasi kita yang paling liar. Ke mana pun kita berpaling adalah misteri baru,” kata Alan Stern, penyidik utamsa new horizons dari Southwest research instiue.

Video PPalnet luto tersebut dimulai dengan pemandangan dataran tinggi disamping dataran es nitrogen besar yang dikenal sebagai Sputnik Planitia. Di seberang perbatasan Barat daerah itu, hamparan kawah membentang di daerah gelap Cthulhu Macula. Kemudian muncul sebuah pegunungan yang tampak berada disebelah kanan.

Rekaman yang luar biasa ini juga menunjukkan pemandangan dataran tinggi Terra Voyager dan lubang mendama dari Pioneer Terra. Kemudian berakhir didaerah yang dikenal sebagai Tartaus Dorsa.

Sementara, pada video kedua, data menunjukkan tampilan di bulan terbesar Pluto, yakni Charon. Hal ini saat New Horizons melakukan pendekatan terdekatnya dan terus mengeksplorasi planet tersebut.

Selanjutnya New Horizons bergegas ke Utara untuk melihat kawah Dorothy Gale dan Mordor Macuka yakni daerah yang gelap dari Pluto dan video tersebut berakhir dengan melihat dataran Vulcan Planum dan pegunungan Clarke Montes.

Pelru diketahui, dari jarak lebih dari 3 miliar mil jauhnya, dibutuhkan dari lima jam agar video tersebut mencapai Bumi. Kini, pesawat andalan NASA itu sedang menuju target lain di Tata Surya yang diperkirakan akan bertengger diluar angkasa hingga 2019 mendatang. (oke)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *