Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

Gubsu Berikan Bantuan Pertanian di Tapteng

Gubsu Berikan Bantuan Pertanian di Tapteng

Tapanuli Tengah, SumutOnline – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyerahkan bantuan pertanian berupa alat mesin pertanian (alsintan) dan benih jagung, kedelai, dan bibit hortikuktura di Lapangan Sepak Bola Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bantuan ini guna mendorong keberhasilan program swasembada pangan dan swasembada berkelanjutan khususnya tanaman pangan, peternakan dan perkebunan di Provinsi Sumut dan Kabupaten Tapteng.

“Pemerintah Provinsi Sumut terus berupaya mendorong keberhasilan program swasembada pangan dan swasembada berkelanjutan. Senin kami berada di Palas juga untuk memberikan bantuan yang sama. Semoga Tapteng ke depan menjadi kabupaten yang memberikan kontribusi yang maksimal untuk pangan di Sumut,” ujar Erry, Senin (17/7/2017).

Dihadapan ribuan masyarakat Tapteng, Erry mengajak masyarakat agar bergandengan tangan memberikan dukungan pembangunan di bawah kepemimpinan Bupati yang muda dan enerjik.

“Masyarakat Tapteng harus bangga punya Bupati yang muda dan enerjik seperti pak Bakhtiar. Saya yakin jika seluruh elemen masyarakat bersatu padu maka pembangunan di Tapteng ini akan bisa menyamai Kabupaten Kota yang maju saat ini,” tutur Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, Sumut memiliki potensi yang besar dalam pembangunan pertanian. Dimana berdasarkan angka sementara (Asem) Tahun 2016 produksi padi Sumut sebesar 4.610.097 ton atau meningkat sebesar 565.268 ton dibandingkan dengan produksi pada sebelumnya.

Produksi Tahun 2016 tersebut merupakan cerminan capaian produksi tertinggi Provinsi Sumut dalam kurun waktu 11 tahun terakhir. Dengan produksi tersebut Provinsi Sumut mengalami Surplus Beras sebesar Rp1.171.355 ton atau cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sumat selama tujuh bulan kedepan.

Hadir mendampingi Gubsu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati Darwin Sitompul, tokoh agama dan masyarakat Tapteng, tokoh Parmalim dan sejumlah pimpinan SKPD Provsu.

Dalam rangka mempertahankan Swasembada pangan berkelanjutan, lanjut Erry, Pemprov Sumut telah mengambil langkah-langkah berupa, mendorong percepatan tanam, peningkatan indeks pertanaman untuk mengejar target tanam, memberikan bantuan benih, pupuk organik dan an organik, pestisida dan alat mesin pertanian pra tanam maupun pasca panen, perbaikan jaringan irigasi pada jaringan tersier, penerapan teknologi jajar legowo dan benih hibrida, mendorong perluasan tanam padi, jagung dan kedelai areal tanam pada lahan-lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan.

Sementara itu, Bupati Tapteng Bakhtiar mengucapkan terimakasih kepada Gubsu Erry dan jajarannya yang memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Semoga semoga dengan bantuan pertanian yang diterima masyarakat akan menambah motivasi dan penyemangat bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi kedepan membangun Kabupaten Tapteng dan juga Sumatera Utara,” ujarnya. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *