Selasa 12 Desember 2017
  • :
  • :

PKS Dukung Judicial Review UU Pemilu

PKS Dukung Judicial Review UU Pemilu

Medan, SumutOnline – Partai Keadilan Sejahetara (PKS) mendukung pihak yang ingin mengajukan uji materi Judicial Review Undang-Undang (UU) Pemilu yang baru disahkan oleh DPR pada Jumat (21/7/2017) dini hari.

“PKS adalah partai politik yang memiliki anggota di DPR, domain kami di DPR. Jadi, di MK itu domainnya bagi partai politik yang tidak punya wakil di DPR atau bagi akar, LSM, masyarakat yang merasa dirugikan. Karenanya ingin menegakkan konstitusi dengan menggugat itu dan kami mendukung,” kata Wakil Ketua Majelis  Dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid di Gedung DPR RI, Jumat (21/7/2017).

Wakil Ketua MPR itu menjelaskan, pihaknya sudah memperjuangkan soal RUU Pemilu lewat jalur parlemen. Di luar itu jika ada pihak yang masih belum puas bisa mengajukan judicial review.

“Itu adalah hak warga dan tentu pihak kami mempersilakan dan kami dukung untuk dilakukan, karena menurut kami permasalahannya tidak sederhana 20 persen atau berapa, itu terkiat dengan konstitusional atau tidak,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, partainya menolak mekanisme voting yang dilakukan tadi malam karena terkait dengan parliamentary threshold merupakan sistem pembagian konversi suara itu tentu tidak keberatan karena itu bagian daripada demokrasi.

“Tapi terkiat dengan presidential threshold karena ada keputusan MK terbaru terkiat keserentakan antara pileg dan pilpres,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Hidayat, dalam Undang-Undang Dasar 1945 juga disebutkan bahwa calon presiden dan calon wakil presiden dicalonkan oleh dasar pasal 6a ayat 1 itu tegas menyebutkan bahwa capres dan cawapres dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu

“Kan faktanya sekarang ada partai-partai politik baru, partai politik yang dulu tidak mencapai parliamentary threshold, itu kan kembali menjadi tidak konek. Karenanya kami menolak voting,” pungkasnya. (inilah)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *