Jumat 24 November 2017
  • :
  • :

Gubsu Terima Konjen Tiongkok Yang Baru di Medan

Gubsu Terima Konjen Tiongkok Yang Baru di Medan

Medan, SumutOnline –  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok, Sun Ang di Medan yang baru di Kantor Gubsu Jalan Diponegoro, Senin (24/07/2017).

Pada pertemuan tersebut, Gubsu berharap Sun Ang dapat membawa hubungan Sumut-Tiongkok menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Selamat datang dan selamat bertugas di Sumatera Utara. Saya mendengar Mr Sun Ang sudah memiliki banyak pengalaman bertugas dibanyak negara, semoga bisa membawa hubungan ini (Sumut – Tiongkok,red) lebih baik lagi kedepannya,” ujar Gubsu.

Seperti diketahui, Sun Ang pernah bertugas diberbagai negara seperti Myanmar dan Amerika Serikat serta menjadi pejabat grup pemantau Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB).

Pada kesempatan itu menjelaskan berbagai hal umum tentang Sumatera Utara, seperti agar dapat digagas peningkatan kerjasama antara Tiongkok dan Sumut dalam hal kerjasama provinsi kembar.

Selain itu, Gubsu juga meminta agar kerjasama dibidang investasi, perdagangan dan pariwisata bisa terjalin dengan baik.

“Untuk perdagangan, saya berharap dapat terus ditingkatkan. Kalau kerjasama investasi, saat ini cukup banyak investor asal Tiongkok yang ingin berinvestasi, untuk itu saya berharap semua investor yang akan berinvestasi di Sumut sudah melapor ke Konjen RRT di Medan,” tegasnya.

Sedangkan sektor pariwisata, lanjut Gubsu, saat ini banyaknya warga Sumut yang senang melakukan perjalanan ke RRT karena kedekatan histori. Untuk itu Pemprovsu meminta agar layanan visa dapat lebih dipermudah.

“Kalau pengurusan visa bisa lebih dipermudah, maka akan sangat membantu bagi masyarakat Sumut yang hendak berkunjung ke Tiongkok,” ucapnya.

Sementara itu, Konjen RRT di Medan Sun Ang mengungkapkan harapannya agar selama bertugas di Sumut dia mendapat dukungan Gubsu dan jajaran.

Pada kesempatan itu Sun ang juga menginformasikan bahwa dirinya telah bertemu dengan para investor asal Tiongkok yang menanamkan modalnya di Sumut.

“Saya sudah bicara dengan para investor Tiongkok, dan saya sampaikan agar mereka selalu menghormati adat istiadat lokal,” tutur Sun Ang. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *