Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Jokowi Ingatkan Menteri Berhati-hati Terbitkan Permen

Jokowi Ingatkan Menteri Berhati-hati Terbitkan Permen

Medan, SumutOnline –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri ESDM Ignasius Jonan agar berhati-hati menerbitkan Peraturan Menteri (Permen).

Jokowi mengungkapkan, sejauh ini sudah ada dua Permen yang mendapat respon kurang baik dari para pelaku usaha di Tanah Air, dan saat ini pemerintah tengah memfokuskan kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui segi investasi.

“Untuk kunci pertumbuhan ekonomi sekarang ini memang hanya ada dua karena APBN kita enggak mungkin mau lompat atau loncat ya. Paling penting APBN kita kredibel dan akuntabel. Hanya dua yang bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi kita. Satu peningkatan investasi dan kedua peningkatan ekspor,” jelas Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Senin (24/7/2017).

Jokowi menegaskan, jika masih ada Permen atau peraturan dirjen yang bersinggungan dengan kemudahan investasi di Indonesia, maka dirinya tak akan tinggal diam.

“Kalau masih keluar permen atau peraturan dirjen yang justru menambah ruwetnya orang yang ingin ekspansi atau investasi ya, pasti saya tegur. Karena yang diperlukan sekarang ini momentumnya sudah ada, baik investasi, investment grade. Terus sekarang kita sendiri tidak bisa memberikan pelayanan yang cepat ya, hilang diambil oleh negara lain,” paparnya.

Masalah ekspor pun turut menjadi perhatiannya. Jokowi mengharapkan agar Indonesia tak hanya menjadikan pasar tradisional sebagai targetnya.

“Tadi saya sampaikan ekspor pun masih berkutat pada pasar-pasar tradisional. Tidak berani melangkah ke pasar-pasar non tradisional yang harusnya sudah digarap secara baik,” ujarnya.

Saat disinggung awak media kemungkinan teguran ini merupakan sinyal Presiden RI untuk melakukan reshuffle terhadap dua menterinya, Jokowi belum berpikir sejauh itu. “Ini baru mengeluarkan teguran satu-satu. Ditegur itu seharusnya mengerti apa yang harus dilakukan,” tandasnya. (inilah)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *