Selasa 12 Desember 2017
  • :
  • :

Inovasi Pelayanan Kelurahan Lubuk Raya Terima Penghargaan

Inovasi Pelayanan Kelurahan Lubuk Raya Terima Penghargaan

Medan, SumutOnline – Tim Penilai Perlombaan Desa dan Kelurahan Terbaik tingkat regional I Wilayah Sumatera Utara, mengapresiasi inovasi berbasis informasi teknologi (IT) yang telah dilakukan oleh kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Hulu, kota Tebing Tinggi.

Inovasi yang dibangun dari swadaya masyarakat setempat itu sangat berdampak terhadap peningkatan pelayanan aparatur kelurahan kepada masyarakat.

“Atas nama tim penilai kami apresiasi terhadap pemerintah provinsi, pemerintah kota hingga pemerintah camat dan kelurahan juga masyarakat yang berjuang hingga ke tahap ini,” kata Ketua Tim Penilai dari Dirjen Bina Pemberdayaan Desa Depdagri, Mukhtar Iman, bersama anggota tim penilai Rahayu Ningsih, Rudi dan Bambang Sasongko, Selasa (25/7/2017).

Dikatakan Mukhtar, kehadiran pihaknya untuk melakukan verifikasi dan penilaian kesesuaian data dan informasi yang dilaporkan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

”Tujuannya untuk mendorong dan memotivasi peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan meningkatkan pembangunan,” ujar Mukhtar.

Lebih lanjut Mukhtar mengatakan, sesuai dengan Permendagri No 81 tahun 2015, perlombaan ini digelar untuk meningkatkan kemajuan penyelenggaraan pemerintahan desa, maka hal ini terkait dengan komitmen pemerintah untuk menghadirkan negara di tengah masyarakat.

“Melalui kegiatan ini kami mengimbau agar penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan harus tanggap terhadap aspirasi masyarakat, sehingga kebijakan yang diambil akan sesuai dengan semangat demokrasi,” terang Mukhtar sembari mengatakan semoga kelurahan Lubuk Raya meraih predikat terbaik dalam perlombaan ini.

Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Evi Diana Erry Nuradi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumut, Aspan Sofyan, Kadis Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provsu, Nurlela, Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaedi, Kapolres Tebing Tinggi, Ketua TP PKK Tebing Tinggi, Lurah Lubuk Raya, Manda Yulian dan unsure pimpinan daerah kota Tebing Tinggi.

Mewakili Gubsu, Tengku Erry Nuradi, Kadis Pemberayaan Masyarakat Desa Sumut, Aspan Sofyan mengatakan, kehadiran tim penilai diharapkan dapat memberikan makna, khususnya terkait upaya kita bersama untuk meningkatkan kapasitas penyelanggaraan pemerintahan dan pembangunan di tingkat kelurahan yang diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Penilaian lomba desa dan kelurahan terbaik ini diharapkan dapat memperkuat penyelenggaraan desa dan kelurahan yang didukung oleh stakeholder,” ujarnya.

Dikatakan Aspan, keberhasilan Kelurahan Lubuk Raya menjadi kelurahan terbaik di Provinsi Sumut merupakan wujud kepedulian pemerintahan kelurahan kepada masyarakat, dengan melakukan penyelenggaraan pemerintahan hingga peningkatan kualitas ekonomi masyarakat.

”Untuk itulah kami anggap kelurahan ini layak mewakili Sumut untuk mengikuti perlombaan desa dan kelurahan terbaik tingkat regional I wilayah Sumut,” ujar Aspan.

Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaedi mengatakan, masyarakat di Kelurahan Lubuk Raya ini merupakan masyarakat yang multi etnis, namun hidup rukun dan damai.

”Kunjungan tim penilai ini kami harap dapat memberikan motivasi bagi kami untuk terus berbuat membina usaha mikro kecil, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hingga memberdayakan urban farming,” terang Umar.

Sementara itu, dalam laporan ekspos kelurahan yang disampaikan oleh Lurah Lubuk Raya, Manda Yulian mengatakan, pihaknya berupaya melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan membuat kebijakan Smart yakni sapa, mudah, akuntabel, ramah dan tepat waktu.

“Kami telah meluncurkan system aplikasi pelayanan kemudahan anda. Dalam system ini masyarakat dimudahkan dengan mengurus surat menyurat melalui website kelurahan Lubuk Raya. Memalui sistim online masyarakat dimudahkan dengan cukup menunjukkan barcode dari system yang sudah selesai diproses jika ingin mencetak surat yang diinginkan ke kantor Kelurahan. Kami juga telah meluncurkan SMS kemudahan anda, dimana masyarakat dapat menyampaikan informasi ataupun keluhan langsung kepada kami melalui SMS, inovasi ini kami bangun secara swadaya dengan masyarakat,” ujar Manda.

Selain itu, Manda juga mengatakan kalau kelurahan Lubuk Raya juga meluncurkan motor pelayanan ‘delivery service’ untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan surat menyurat. Jika surat telah selesai pihak kelurahan bisa langsung mengantarkannya kepada masyarakat.

“Inovasi lainnya yang kami buat adalah becak on call. Program ini kami luncurkan untuk ibu hamil maupun masyarakat yang sakit tapi tidak punya biaya untuk diantarkan ke rumah sakit secara gratis,” tandas Manda. (ss)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *