Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

Wagubsu Gelar Jamu Makan Malam Bersama Wakil Ketua BPK RI

Wagubsu Gelar Jamu Makan Malam Bersama Wakil Ketua BPK RI

Medan, SumutOnline – Meski menurut banyak orang Sumatera Utara terlihat unik dan seram, akan tetapi provinsi sangat baik. Selain itu juga seperti yang dikatakan orang bahwa para pejabat yang lulus di Sumut, juga akan lulus di kota maupun provinsi diluar Sumut.

“Sumut tidak seseram yang dikatakan dan yang dibayangkan orang. Sebenarnya orang Medan itu baik-baik. Apalagi kulinernya Pak. Tidak ada yang enak. Tapi enak sekali ,” kata Wakil Gubernur Sumut, Dr. Nurhajizah Marpaung dengan nada bergurau saat jamuan makan malam bersama Wakil Ketua BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A dan rombongan, Senin (24/7/2017) malam di rumah dinas Gubsu Jalan Sudirman, Medan.

Wagubsu mengatakan, saat ini Pemprovsu terus berupaya agar setiap unsur aparat sebuah instansi untuk mencegah terjadinya kerugian negara/daerah. Upaya yang dilakukan seperti memberikan pemahaman yang memadai serta mengingatkan pegawai, terkait tugas dan tanggung jawab atas pengelolaan barang milik Negara yang diserahkan kepadanya.

“Pemprovsu tidak pernah berhenti melakukannya. Jika ada kerugian negara/daerah, maka unsur pimpinan instansi segera cepat dan tanggap dalam upaya penyelesaian ganti rugi melalui langkah-langkah sebagaimana tertuang dalam peraturan perundang-undangan mengenai penyelesaian kerugian negara/daerah,” ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Wagubsu, apabila pegawai yang terlibat dalam kerugian negara akibat kelalaiannya dalam melaksanakan tugas baik disengaja maupun tidak disengaja harus dapat koorporatif dalam menyelesaikannnya.

Wagubsu juga mengungkapkan, dukungan penuh dari inspektorat sebagai aparat Pengawas Internal Pemerintah di Provinsi Sumatera Utara dalam perannya membantu upaya percepatan penyelesaian kerugian negara/daerah dalam pelaksanaan fungsi pembinaan, pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di Sumatera Utara. “Guna meminimalisir upaya hukum kepada pegawai yang yang terlibat,” sebut Wagubsu.

Pada kesempatan itu selain ucapan selamat datang kepada rombongan BPK RI, Wagubsu juga mengucapkan terima kasih akan dilaksanakannya forum diskusi Penyelesaian Kerugian Negara/Daerah untuk Tim Penyelesaian Kerugian Daerah (TPKD) Pada Entitas Pemeriksaan Wilayah Sumatera Utara dan Aceh, di Medan yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2017.

“Diharapkan forum diskusi nantinya dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kinerja terutama dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan Negara/Daerah guna terus terwujudnya pemerintahan yang benar dan bersih,” tuturnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepla Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut dan Aceh Ambar, Inspektur Provsu OK Henry, Asisten OK Zulkarnain dan para Kepala SKPD Provsu.

Sementara Prof Bahrullah mengatakan, kedatangan rombongan BPK RI ke Sumut untuk membangun sinergitas dengan masyarakat terutama dalam pengelolaan keuangan negara/daerah yang transparan dan akuntabilitas.

“Tugas kami bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi guna membangun pelaksanaan pengelolaan keuangan dan mendorong proses transparansi dan akuntabilitas dapat berjalan sesuai norma dan aturan yang ada,” sebutnya.

Disamping itu, Barullah juga mengajak kepada daerah khususnya Sumut agar dapat melaporkan laporan keuangnannya sesuai waktu yang telah ditentukan. (ss)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *