Senin 11 Desember 2017
  • :
  • :

900 Ha Hutan di Prancis Terbakar

900 Ha Hutan di Prancis Terbakar

Medan, SumutOnline – Ribuan warga terpaksa meninggalkan bumi perkemahan dan rumah mereka akibat kebakaran hutan yang terjadi di Corsica, Prancis. Peristiwa yang terjadi di salah satu tempat wisata favorit ini telah menghanguskan sekira 900 Ha hutan.

“Evakuasi terhadap sedikitnya 10 ribu orang dilakukan mengingat, cepatnya api menjalar. Jumlah tersebut sudah lebih dari dua hingga tiga kali lipat populasi di musim panas,” terang seorang pejabat dari regu pemadam kebakaran setempat, Rabu (26/7/2017).

Salah satu bumi perkemahan yang terpaksa dikosongkan adalah Camp du Domaine di Bormes-les-Mimosas, Provinsi Corsica.

Sementara itu, Jurnalis Inggris, Lisa Minot mengatakan, para wisatawan di lebih dari 1.000 perkemahan dipaksa meninggalkan tempatnya.

“Ini pertama kalinya saya melihat evakuasi dari bumi perkemahan dalam 42 tahun terakhir. Api berkobar di belakang kami dan angin bertiup sangat kencang,” cetus jurnalis bidang pariwisata tersebut di akun Twitternya.

Sementara, Ibu dari Lisa Minot, Carol Bielfield mengatakan, di tengah kondisi darurat tersebut, para wisatawan tetap berupaya untuk tenang sambil menunggu informasi. Akan tetapi, ketika informasi teraktual tidak kunjung tiba, para wisatawan langsung berhamburan menyelamatkan diri.

“Orang-orang tetap tenang, menyeduh teh, menikmati biskuit, dan saling berharap mendapatkan informasi. Tetapi, kita tidak mendapat apa pun. Semuanya menyerah dan mulai meninggalkan pantai. Sirene kemudian berhenti dan kita diminta kembali ke pantai tanpa ada informasi apa pun,” tutur Carol.

Lebih dari selusin petugas pemadam kebakaran dikerahkan guna memadamkan api dengan dibantu sekira 160 orang warga setempat. Pejabat Corsica, Gerard Gavory menerangkan, tiga pesawat pemadam kebakaran juga terlibat upaya pemadaman api dengan menciptakan hujan buatan.

Para ahli menduga, kondisi cuaca di Prancis yang tengah minim hujan menjadi pemicu kebakaran hutan. Keadaan diperparah dengan Angin Mista yang memicu api di hutan kering hingga terjadi kebakaran yang menyebar dengan cepat. (oke)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *