Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Dua Pekan, Program TMMD Banyak Yang Rampung

Dua Pekan, Program TMMD Banyak Yang Rampung

Medan, SumutOnline – Sejak awal dijalankannya program TNI Manunggal Membangun Desa pada, Selasa (4/7/2017) lalu hingga, Rabu (26/7/2017) progres pencapaian pekerjaan fisik TMMD Kodim 0201/BS di Kampung Sentosa, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, sudah mendekati rampung secara keseluruhan.

“Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing, kata bijak ini memang tepat untuk menggambarkan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun 2017 Kodim 0201/BS,” kata Komandan Satgas TMMD ke-99 Tahun 2017 Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto melalui Plh Pasi Intel Kodim 0201/BS, Kapten Kav Prima Wahyudi, Rabu (26/7/2017).

Dijelaskan Bambang, dari pengerjaan awal hingga saat ini sudah ada pekerjaan fisik selesai 100 persen dan semuanya dikerjakan secara gotong royong oleh 165 personel TNI.

Adapun rincian 165 personel yang terlibat dalam Satgas TMMD Kodim 0201/BS itu adalah, satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) prajurit yang berjumlah 110 orang, staf Satgas 15 orang, tim asistensi 25 orang, dan warga masyarakat di lokasi sasaran 15 orang.

Selain 165 orang ini, lanjutnya, pekerjaan fisik TMMD Kodim 0201/BS juga didukung sejumlah alat berat. Seperti tiga unit excavator, satu unit beco loader, 10 unit dump truk dari Yon Zipur I/DD, tiga unit truk fuso, cangkul, sekop dan peralatan kecil lainnya.

Sementara itu, Kapten Kav Prima Wahyudi menjelaskan pekerjaan fisik yang telah rampung 100 persen sampai, Minggu (23/7/2017) yakni perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Kemudian, pekerjaan rehab dua rumah ibadah, yakni Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, dan Masjid Taqwa di Jalan Tambak, Lingkungan 12, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, serta pekerjaan rehab Gedung SD Negeri 065010, Jalan Kampung Sentosa Barat, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Tidak hanya itu, kegiatan fisik tambahan juga dilakukan, seperti pembuatan sumur artesis dan tower air di Lingkungan 17, Blok 30, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, dan pekerjaan rehab jalan semenisasi di Kampung Sentosa sepanjang 120 meter, lebar 2,5 meter di Kampung Sentosa, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

“Untuk pekerjaan fisik dan pekerjaan tambahan lain, progresnya antara 51 persen sampai 75 persen, seperti pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 18, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan yang mencapai 51 persen,” terangnya.

Selain itu, pembuatan jembatan kayu sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, yang mencapai 70 persen.

Kemudian, pembuatan kamar mandi untuk sumut artesis di Lingkungan 17, Blok 30, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, yang mencapai 75 persen, dan bedah rumah tidak layak huni milik Arsanah (46) di Kampung Sentosa Barat, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, yang mencapai 75 persen.

Di lokasi sasaran, lanjut Kapten Kav Prima Wahyudi, optimalisasi pekerjaan fisik acap terkendala oleh cuaca yang berubah dan banjir rob (air pasang laut) yang saban hari menyerbu, ditambah sulitnya akses menuju lokasi. Pasalnya, jalan menuju lokasi sasaran hanya dihubungkan oleh satu jembatan selebar 2,5 meter.

“Jembatan ini dipakai semua warga untuk jalur keluar-masuk ke Kampung Sentosa. Meski terkadang membuat kita kesulitan membawa/mengangkut meterial menuju lokasi sasaran, tapi dengan tekad dan semangat gotong royong antara TNI dengan Rakyat, semua kendala ini bisa diatasi. Dan sebelum 2 Agustus 2017, seluruh pekerjaan fisik, maupun pekerjaan fisik tambahan, ditargetkan sudah rampung 100 persen,” bebernya meyakinkan. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *