Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

Medan, SumutOnline –  Keluarga Besar Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) menobatkan Tengku Erry Nuradi yang saat ini menjabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sebagai Ninik Mamak.

Pemberian kehormatan ini dilakukan disela-sela kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar DPW PKDP Sumut di Gubernuran Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (25/07/2017) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pembina DPP PKDP Mayjen TNI (Purn) Syamsul Djalal, Ketua DPP PKDP Asmara Jaya, Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, tokoh adat, tokoh agama dan juga ratusan masyarakat Minang di Sumut dan Kota Medan khususnya.

Selain itu juga hadir Sekretaris Umum BM3 Sekretaris HM Yunan Sirhan, tokoh masyarakat yang juga mantan Walikota Medan Abdillah serta sejumlah pimpinan SKPD Provsu yang juga berdarah Minang.

Ketua Dewan Pembina PKDP Syamsul Djalal mengucapkan, terima kasih atas sambutan dan kesediaan Gubernur Sumut menggelar Halal Bihalal sekaligus jamuan makan makan malam bersama keluarga besar PKDP.

“Saya melihat Pak Gubernur ini orang yang sangat dekat dengan masyarakatnya. Kalau mau sehat memang harus bersilaturahmi, kalau mau panjang umur dengan bersilaturahmi dan kalau mau mendapatkan keberkahan tentu dengan bersilaturahmi,” ujarnya.

Selama dua tahun kepemimpinan sebagai Gubsu, lanjut Syamsul Djalal, telah banyak perubahan ke arah yang lebih baik dilakukan Tengku Erry. Salah satunya menjaga kekondusifan Sumut ditengah kebhinnekaan, suku, adat istiadat, dan agama.

“Ini bukan bicara soal dukung mendukung. Pertemuan ini adalah ajang silaturahmi. Tapi kalau saya ditanya, Tengku Erry masih pantas memimpin Sumut. Dan saya siap membantu Pak Gubernur. Kami telah sepakat dan mohon keizinan Pak Gubernur menjadi Ketua Ninik Mamak kami di Sumut karena beliau orang yang bijaksana,” kata Mayjen TNI (Purn) Syamsul Djalal.

Hal senada juga dikatakan Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik bahwa kesempatan yang diberikan Gubernur Sumut Tengku Erry bersilaturahmi dengan keluara Besar PKDP patut diapresiasi. Meskipun ditengah aktifitasnya yang begitu padat Gubsu Erry masih mengedepankan silaturahmi dengan warga Sumut.

“Atas kesempatan malam ini kami merasa tersanjung. Alhamdulillah 24 puak, nagari-nagari hari ini hadir bersama bersilaturahmi dengan Bapak Gubernur. Tentu perhatian yang diberikan Pak Gubernur akan kami ingat selalu,” ujar Farianda.

Sementara itu dalam sambutannya, Tengku Erry Nuradi mengucapkan terimakasih atas kepercayaan warga Piaman yang menobatkan dirinya sebagai Ninik Mamak. Penobatan ini akan menjadi motivasi bagi dirinya untuk membangun Sumut.

“Tentu saya sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat. Silaturahmi ini harus terus terjalin. Apalagi malam ini banyak tokoh adat dan budaya yang hadir dari Jakarta. Ini akan menjadi motivasi bagi saya kedepan, ” ucapnya.

Erry juga mengingatkan, bahwa perlunya memelihara rasa persatuan dan kesatuan. Karena sebagai bangsa yang besar, sudah ditakdirkan Indonesia sebagai negeri yang berbilang kaum.

“Pengalaman kita dijajah selama tiga ratus tahun harus menjadi pembelajaran bagi kita. Salah satu alasan kita bisa dijajah karena kita mudah dipecah belah. Oleh karenanya mari kita pelihara persatuan dan kesatuan. Jadikanlah perbedaan itu sebuah keindahan seperti pelangi yang berwarna-warni,” tandas Erry. (ss)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *