Rabu 17 Januari 2018
  • :
  • :

Gubsu: Fasilitas Untuk Lansia Harus Disediakan

Gubsu: Fasilitas Untuk Lansia Harus Disediakan

Medan, SumutOnline – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) meminta para pemegang kebijakan mengupayakan lebih banyak lagi fasilitas yang disediakan, khusus untuk masyarakat yang lanjut usia, melalui berbagai kemudahan. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap sosok orang yang lebih tua sebagai penghayatan nilai budaya.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi pada kegaitan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2017 tingkat Provinsi di Aula Martabe Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (26/7/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Prestasi Lansia Sumut H Sanggup Purba, sejumlah perwakilan FKPD Sumut dan para Kepala SKPD diantaranya Kabiro Binsos M Yusuf, Kadis Kessos Rajali, Kadis Kominfo HM Fitriyus dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus.

Dalam arahannya, Gubsu menyebutkan saat ini banyak sekali kondisi khususnya keberadaan orang tua atau lansia terasa kurang etis/layak. Sebab mereka yang sudah usia tua, harus berdesakan dengan yang muda dibeberapa tempat dan pelayanan masyarakat.

Fasilitas publik seperti terminal bus, stasiun kereta api, tempat pelayanan publik dan lainnya belum bersahabat dengan lansia.

“Kita tahu banyak sekali tempat umum atau fasilitas publik yang belum memberikan fasilitas khusus kepada lansia. Padahal kita ketahui kemampuan mereka sudah jauh lebih rendah dari yang muda,” ujar Gubsu.

Karena itu, lanjut Erry, dirinya menekankan agar semua pihak terkait, khususnya pemerintah kabupaten/kota serta instansi lainya, bisa memberikan fasilitas dan pelayanan khusus kepada para lansia.

“Dengan begitu sebagai warganegara, kita telah menghormati mereka dengan memberikan berbagai kemudahan. Kita juga minta agar fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan lainnya, agar mempermudah urusan bagi para lansia. Bisa diberikan jalur khusus yang berbeda dengan masyarakat umum,” sebutnya.

Gubernur juga berpesan, agar peran serta para lansia diikutkan dalam membuat kebijakan publik yang ramah. Begitu juga pertimbangan dan pandangan untuk pengambilan keputusan, sebab biasanya kearifan mereka sering dibutuhkan masyarakat dan keluarga khususnya.

Gubernur juga mengapresiasi, bentuk perhatian dari berbagai pihak termasuk pemerintah melalui pemberian bingkisan, bantuan stimulant untuk pembinaan kepada kelompok usaha bersama (Kube) lansia, bantuan kursi roda serta penghargaan kepada lansia yang berusia 100 tahun.

“Karena itu saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang turut partisipasi mensukseskan peringatan hari lanjut usia Nasional ini,” kata Gubernur yang juga menyematkan pin kepada para lansia sekaligus memberikan bingkisan untuk 600 orang lansia secara simbolik.

Sementara Kepala Biro Binsos M Yusuf menyampaikan laporan, pada peringatan ini juga digelar berbagai kegaitan diantaranya kunjungan ke Panti Jompo dan pemeriksaan kesehatan gratis melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Ketua Yayasan Prestasi Lansia Sumut H Sanggup Purba menyampaikan saat ini Sumatera Utara memiliki perpustakaan lansia, pertama kali di Indonesia. Bahkan, Sumut merupakan terbaik secara Nasional dengan menerima tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI.

“Karenanya kami berharap diberikan fasilitas untuk kemudahan pelayanan seperti di Samsat dan Rumah Sakit,” pungkasnya. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *