Senin 11 Desember 2017
  • :
  • :

HUT Raja Thailand, Ratusan Warga Bebaskan Ribuan Ekor Kura-kura

HUT Raja Thailand, Ratusan Warga Bebaskan Ribuan Ekor Kura-kura

Medan, SumutOnline – Dalam memperingati hari ulang tahun Raja Maha Vajiralongkorn, ratusan warga berkumpul di pinggir pantai di Provinsi Chonburi, Thailand, untuk membebaskan 1.066 ekor kura-kura ke lautan.

Tentara pria dan wanita dari Angkatan Laut, pelajar, dan selebritis Thailand membebaskan ribuan ekor kura-kura tersebut dari Pusat Konservasi Kura-Kura Laut di Chonburi. Angka 1.066 dipilih karena menyimbolisasikan angka 10 untuk Raja Rama X, gelar bagi Maha Vajiralongkorn, dan angka 66 yang melambangkan usia sang raja ditambah satu tahun sebagai doa agar ia berumur panjang.

“Acara utama hari ini adalah pembebasan kura-kura, yang juga melambangkan umur panjang. Saya mendoakan agar Raja berumur panjang dan sehat selalu,” tutur salah satu peserta, Athichanan Srisevok, Rabu (26/7/2017).

Penganut Buddha di Thailand meyakini, membebaskan hewan yang terkungkung adalah salah satu cara meraih kebaikan. Ribuan ekor kura-kura yang dilepaskan tersebut, dirawat sejak masih di dalam telur.

Angkatan Laut Thailand mengambil telur-telur tersebut dari Pulau Koh Kram untuk dititipkan di pusat konservasi. Tidak heran, beberapa ekor kura-kura yang dilepaskan masih berusia satu pekan.

Raja Maha Vajiralongkorn berulang tahun ke-65 pada 28 Juli 2017. Hari ulang tahun tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk tahun ini oleh pemerintahan junta militer Thailand.

Pria yang lebih banyak menghabiskan waktu di Jerman itu mewarisi tahta Kerajaan Thailand sejak ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, wafat pada 13 Oktober 2016. Ia dikukuhkan sebagai pewaris sejak Desember dan akan ditahbiskan setelah satu tahun masa berkabung nasional berakhir.

Sejumlah perayaan akan digelar untuk menandai ulang tahun sang raja pada Jumat mendatang. Kuil-kuil Buddha di seluruh Thailand dijadwalkan menggelar upacara bagi sang raja.

Sementara itu, di Ibu Kota Bangkok akan diadakan aksi sedekah massal untuk 600 orang biksu yang dipusatkan di alun-alun utama. (oke)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *