Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

 Mobil Pribadi Alih Fungsi ke Komersial, Asuransi Gugur

 Mobil Pribadi Alih Fungsi ke Komersial, Asuransi Gugur

Medan, SumutOnline – Setiap kendaraan yang beralih fungsi atau digunakan untuk taksi online bisa menggugurkan asuransi.

“Ketika awal beli mobil, selalu dikatakan buat pribadi, tapi ditengah jalan, dipakai buat taksi online. Untuk itu, jika mobil hilang atau kecelakaan, enggak di-cover asuransi,” kata Head of Communication and Event PT Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Hal diungkapkannya menyikapi tidak sedikitnya pemilik kendaraan yang membeli mobil untuk digunakan sebagai usaha sampingan, menjadi taksi online.

Dijelaskan Iwan, kendaraan yang digunakan untuk taksi online bisa gugur karena peruntukannya adalah komersial bukan pribadi. Saat perjanjian antara pihak pembeli dan asuransi adalah untuk kebutuhan pribadi.

“Kan janji awal buat pribadi? enggak dirental, enggak untuk komersial cari duit. Risiko jadi berbeda dong,” ujar Iwan.

Iwan juga mengklaim pihak asuransi bisa mengetahui para pemilik yang menggunakan mobilnya untuk keperluan komersial. Sebab, perusahaannya selalu melakukan survei atau pengecekan ke alamat pemilik mobil.

“Kan kami survei. Kalau kamu bohong melanggar prinsip asuransi, lho. Kami cek dan interview pemilik. Kalau dipakai buat taksi online ya asuransi gugur,” cetusnya.

Iwan juga menghimbau agar pemilik mobil yang mengalihkam fungsi kendaraannya dari pribadi ke komersial untuk melapor ke pihak asuransi. Sebab risiko mobil pribadi dengan komersial itu berbeda.

“Kalau ubah penggunaan ya lapor ke asuransi. Di-endorse, diperbaharui perjanjiannya. Jadi kalau ada apa-apa hati tenang karena pasti di-cover,” tegasnya. (viva)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *