Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Melongok Komunitas Alat Musik Tiup Logam

Melongok Komunitas Alat Musik Tiup Logam

Medan, SumutOnline – Sebagian anda mungkin sering melihat instrumen musik tiup logam, tapi pasti jarang sekali anda melihat sebuat grup instrumen musik logam yang keseluruhan alatnya adalah musik tiup logam.

Nah, di Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo ada grup musik tiup logam yang justru pemainnya adalah remaja belasan tahun. Uniknya lagi, kelompok musik tiup ini sudah ada sejak tahun 1982 dan secara turun temurun menjadi komunitas yang mendidik pelajar secara gratis.

Intrusmen musik tiup logam atau dalam Bahasa Inggris disebut Brass Instrument adalah alat musik yang menghasilkan suara dari getaran bibir pemainnya. Ada dua faktor yang mempengaruhi perubahan intonasi nada pada instrumen musik yakni menekan katup yang ada untuk mengubah atau mengalihkan panjang udara yang melewati pipa atau mengubah celah bibir pemain yang akan menentukan frekwensi getaran pada instrumen.

Nah, kelompok remaja ini memang dilatih khusus sebagai pemain musik tiup. Biasanya mereka diminta tampil dalam acara di gereja atau perayaan hari-hari besar negara. Grup mereka disebut GMT Musik Tiup. Sebagian besar para pemain justru baru duduk di bangku SMP, sementara alat musik yang dimainkan, ukurannya bisa dua hingga tiga kali lipat ukuran tubuh mereka. (ys)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *