Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

Sisi Lain negeri Porsea

Sisi Lain negeri Porsea

Medan, SumutOnline – Danau Toba, Keindahan dan pesona alam yang memukau. Danau raksasa ini berada di 7 wilayah kabupaten di Sumatera Utara. Salah satunya Kabupaten Toba Samosir. Meski di kawasan ini penataan objek wisata Danau Toba tak berkembang, tapi pemandangan alam yang menghampar di depan mata tetap mempesona. Di tengah danau terlihat beberapa nelayan tradisonal tengah mencari ikan.

Sayangnya, keindahan Danau Toba terhalang populasi eceng gondok yang terhampar di tepian.Meski memiliki bentuk bunga yang unik, ecek gondok adalah satu dari puluhan jenis tanaman air mengapung yang memiliki kecepatan tumbuh yang sangat tinggi. Karena kecepatan tumbuhnya, eceng gondok dianggap gulma yang dapat merusak lingkungan perairan.Warga menganggapnya sebagai sampah dan mengotori Danau Toba.

Padahal, eceng gondok bisa menjadi sumber penghasilan menggiurkan. Sebagai tanaman mengapung di air, daunnya tunggal dan berbentuk oval. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir dan kelopaknya berbentuk tabung.

Pangkal tangkai daun yang menggelembung mempunyai serat.Jika dikeringkan akan menjadi serat yang kuat. Serat inilah yang dipergunakan untuk berbagai bentuk kerajinan tangan. Konon, serat eceng gondok dari Danau Toba adalah kualitas terbagus di Pulau Sumatra.

Dua tahun terakhir, eceng gondok mulai dijadikan bahan kerajinan tangan di desa Patane 4 Kecamatan Lumban Manurung. PT Toba Pulp Lestari, industri yang seringkali mendapat kritikan memberikan pendidikan khusus kepada masyarakat setempat untuk memanfaatkan eceng gondok. (ys)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *