Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Seksinya Radeon RX Vega

Seksinya Radeon RX Vega

AMD akhirnya resmi memperkenalkan kartu grafis barunya, yaitu Radeon RX Vega. Di acara terbatas hari ini, untuk pertama kalinya AMD secara resmi memperlihatkan wujud dari kartu grafis kelas atasnya yang sudah ditunggu sejak lama.

Saat diperlihatkan, kami sempat terkejut karena bentuknya terlihat sangat simpel namun terasa istimewa.  Radeon Vega adalah GPU yang dirancang bagi pengguna profesional, seperti untuk keperluan rendering animasi, komputasi grafis, dan lain-lain. Pada segmen ini Radeon Vega bersaing dengan lini Quadro Pascal dan Titan Xp dari kubu sang kompetitor, NVIDIA. Untuk kalangan umum atau enthusiast gamers Radeon menyiapkan Radeon RX Vega yang dirancang dengan performa dan driver yang lebih sesuai dengan keperluan gaming.

Radeon RX Vega tampil dengan bodi berwarna silver dengan bentuk kotak yang menyerupai kartu grafis RX 580 versi reference, namun sedikit lebih panjang. Ia juga tampil dengan backplate berwarna perak, membuatnya tampil lebih istimewa.

Selain memiliki 64 Compute Units dan 4096 stream processors, daftar spesifikasi ini juga menyebutkan 480 GB/s bandwidth dengan kapasitas memori 16GB High Bandwidth Memory 2 (HBM 2). Performa pendingin blower style umumnya kurang baik dibandingkan jenis yang meniupkan angin ke arah belakang GPU. Namun demikian komputer workstation, yang merupakan target pasar Radeon Vega, umumnya menggunakan sejumlah besar GPU. Kemungkinan Radeon menilai blower style lebih sesuai karena udara panas dari GPU langsung dialirkan ke luar tanpa menyebar ke komponen-komponen lainnya.

Menurut hasil uji coba yang ditunjukkan oleh Radeon Technologies Group performa Vega Frontier Edition mengalahkan NVIDIA Titan Xp. Bahkan perbedaannya cukup signifikan dalam program-program pilihan mereka, hingga melampaui 25% di atas Titan Xp.

Sebuah logo berbentuk huruf “V” juga bisa ditemukan di bodinya. Logo tersebut merupakan lambang resmi Radeon RX Vega. Selain itu, di bagian sampingnya Anda juga bisa menemukan tulisan “Radeon”.

Pendingin yang digunakan terlihat mirip dengan kartu grafis RX580 reference. Sistem pendingin pada Vega memanfaatkan kipas pada bodinya untuk mengalirkan udara panas ke luar wilayah casing. (yp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *