Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Hujan Abu Vulkanik ‘Guyur’ Kabanjahe

Hujan Abu Vulkanik ‘Guyur’ Kabanjahe

Medan, SumutOnline – Akibat letusan Gunung Sinabung yang terjadi beberapa kali, pagi tadi, Kota Kabanjahe kini diselimuti abu vulkanik. Selain itu, ribuan penduduk terdampak langsung dari hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, DR Sutopo Nugroho mengatakan, pada peristiwa kali ini tidak ada korban jiwa. Namun hujan abu menyebar di beberapa tempat seperti di Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung.

“Masyarakat memerlukan masker dan air untuk membersihkan lingkungan. BPBD Karo bersama TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan SKPD lain, relawan dan masyarakat telah membagikan masker, pembersihan jalan dan lahan, pembersihan aset-aset pemerintah (pasar dan tempat umum lainnya), dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki zona merah,” tuturnya, kepada wartawan, Rabu (2/8/2017).

PVMBG merekomendasikan masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara – Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara – Timur G. Sinabung. (ss)

 

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *