Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Kerajinan Kursi Bambu Asal Binjai Tembus Pasar Dunia

Kerajinan Kursi Bambu Asal Binjai Tembus Pasar Dunia

Medan, SumutOnline – Kerajinan bambu kini menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya di Kota Binjai, Sumatera Utara. Kerajinan bamboo seperti kursi panjang dan tempat tidur banyak dimintasi masyarakat bahkan sudah menembus pasar internasional.

Beralamat di Jalan Lestari, Kelurahan Karya Bakti, Kecamatan Binjai Selatan, pengusaha pengerajin bamboo, Herman Susilo (49), tidak merasa jenuh untuk membuat beranekaragam bentuk kerajinan dan perabotan dari bamboo.

“Awal proses pembuatannya, pertama bambu direndam, kemudian dijemur hingga benar – benar kering. Lalu dibentuk bagian rangka sesuai produk yang akan dibuat hingga proses pengecatan dibagian akhir,” katanya, kepada wartawan, kemarin.

Disinggung tentang harga, Herman menerangkan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan produk yang dihasilkan. “Mulai Rp500 ribu hingga jutaan rupiah juga ada dan pemasarannya JUGA tidak hanya di Sumut, namun keluar provinsi bahkan sampai keluar negeri seperti Malaysia dengan cara Online,” ucapnya.

Herman mengungkapkan, dirinya memulai usaha ini sejak tahun 1987 di atas tanah 2400 meter persegi. Namun beberapa tahun usahanya ini pernah ditinggalkannya karena harus pergi ke provinsi tetangga untuk menyelesaikan kuliahnya.

Menurut Herman, usaha mikro kecil menengah seperti ini akan terus ditekuninya, karena produk yang dihasilkan berasal dari bahan dasar bambu unggulan yang di Kota Binjai.

“Saya terus menekuni usaha ini. Bahan dasarnya dari bambu, yang pasti bamboo unggulan yang ada di Binjai,” pungkasnya. (ed)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *