Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

Sinabung Meletus Lagi, Masyarakat Dihimbau Jauhi Sungai

Sinabung Meletus Lagi, Masyarakat Dihimbau Jauhi Sungai

Medan, SumutOnline – Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar. Mengingat, telah terbentuk bendungan alam di Hulu Sungai laborus.

“Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol bila tidak kuat menahan volume air. Akibatnya  lahar/banjir bandang akan mengalir hilir,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, DR Sutopo dalam keterangan persnya, Rabu (3/8/2017).

Sutopo juga meminta agar BPBD Kabupaten Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar/banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

Sutopo juga menghimbau masyarakat untuk terus waspada dan mentaati rekomendasi pemerintah. “Tidak bisa diprediksikan sampai kapan Gunung Sinabung akan berhenti meletus. Parameter vulkanik dan seismisitas gunung masih tetap tinggi, sehingga potensi letusan susulan masih akan tetap berlangsung,” tuturnya.

Sutopo juga mengungkapkan, aktivitas vulkanik Sinabung secara umum sampai saat ini ditandai dengan Gempa Low Frequency < 10 kejadian/hari dan pertumbuhan kubah lava yang relatif kecil. Volume kubah lava berdasar hasil pengukuran 19 Juli 2017 sudah mencapai 2,3 juta meter kubik. (ss)

 

 

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *