Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Antisipasi Karhutla, Polres Langkat Panggil Pemilik Lahan

Antisipasi Karhutla, Polres Langkat Panggil Pemilik Lahan

Langkat, SumutOnline – Kepolisian Resort Langkat, mengumpulkan seluruh perusahaan perkebunan dan pengelola hutan yang masuk dalam wilayah hukumnya.

Hal ini dilakukan untuk membentuk kelompok kerja penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Langkat dan perusahaan perkebunan. Nantinya, Pokja ini akan disiagakan di titik yang dianggap rawan kebarakan hutan dan lahan.

Kapolres Langkat, AKBP Dede Rojudin, mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan para pemilik lahan perkebunan dan hutan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Dalam pertemuan ini, hampir seluruh perusahaan perkebunan dan pengelola hutan bersedia menyiagakan alat-alat pemadam kebakaran dan personil pemadam,” kata Kapolres, kepada wartawan, Kamis (3/8/2017).

Selain itu, lanjut Kapolres, para pemilik perkebunan dan pengelola hutan juga telah menyiapkan tim patrol untuk memantau titik api di wilayah masing-masing, baik dengan patroli rutin atau dengan pemantauan melalui udara.

Kapolres juga menerangkan, berdasarkan pengalaman tahun 2016 lalu, ada sejumlah titik api yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat yang menyebabkan puluhan hektar lahan hangus. “Sejauh ini, belum ada titik api atau Hotpsot di Kabupaten Langkat,” pungkasnya. (ed)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *