Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Jatah Dana Desa di 44 Daerah Hangus

Jatah Dana Desa di 44 Daerah Hangus

Medan, SumutOnline – Pada pencairan tahap pertama atau hingga akhir Juli 2017, ada 44 desa yang dananya hangus. Padahal nilainya mencapai Rp160 miliar. Pasalnya, ke 44 desa itu masih memiliki tunggakan dana desa pada tahun 2016.

“Tidak bisa keserapnya dana tersebut, karena masih punya tunggakan dari sisa dana tahun 2016 lalu,” kata Direktur Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo, kemarin.

Boediarso menerangkan, skema pencairan dana desa ada tiga tahap, untuk tahap pertama dan kedua dilihat berdasarkan pada kinerja pelaksanaan. “Yang dimaksud dengan kinerja pelaksanaan itu adalah yang pertama kinerja penyerapan anggaran, yang kedua adalah kinerja capaian output,” jelasnya.

Untuk tahun 2017, nilainya 60 persen dari pagu anggaran alokasi dana desa Rp67 triliun yakni Rp36 triliun. “Sekarang sudah cair Rp35,8 triliun. Masih ada Rp160 miliar yang kemudian sampai akhir Juli itu enggak bisa keserap,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Boediarso, kalau dana desa sudah hangus tidak bisa lagi dicairkan pada tahap berikutanya. Dia beralasan untuk penyaluran tahap kedua tergantung pada kinerja penyaluran tahap pertama.

“Kalau penyaluran tahap 1 aja enggak ada penyalurannya yaitu penyerapan 75 persen apalagi outputnya, tidak sampai 50persen, enggak punya dia,” jelasnya.

Lebih lanjut Boediarso, bagi 44 desa yang dananya hangus, maka mereka harus menunggu periode tahun anggaran berikutnya yakni tahun 2018 untuk bisa mendapatkan alokasi lagi. (inilah)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *