Jumat 24 November 2017
  • :
  • :

Amerika Potong Dana Bantuan Palestina

Amerika Potong Dana Bantuan Palestina

Medan, SumutOnline – Amerika Serikat memotong dana bantuan terhadap Palestina hingga  US$300 juta, atau setara dengan sekitar Rp3,9 triliun. Padahal dana bantuan ini setiap tahunnya dikucurkan dan pemotongan ini disetujui oleh Senat, Amerika Serikat.

Bantuan itu akan dipotong hingga Palestina bisa menjamin tak ada lagi kekerasan di wilayahnya, yang memakan korban warga AS.

Komisi Hubungan Luar Negeri Senat AS mengeluarkan keputusan itu melalui voting 17-4. Voting dilakukan setelah adanya kasus anggota militer AS yang ditikam warga Palestina hingga tewas saat militer tersebut mendatangi Israel tahun lalu.

Keputusan itu dituangkan melalui Taylor Force Act, yakni undang undang baru yang harus disahkan secara penuh oleh Senat dan DPR sebelum diundangkan resmi dan menjadi dasar hukum.

Disebutkan, pelaku penikaman militer AS itu memang telah ditembak oleh polisi Israel dan kemudian tewas. Namun keluarga si penyerang akhirnya diketahui menerima bantuan dari dana Amerika setiap bulannya. Hal ini yang membuat AS berpikir ulang soal penyaluran dana bantuan.

“Apa yang terjadi hari ini harus membuat kita sadar agar orang-orang yang tak bersalah jangan jadi korban. Bayangkan ada orang tak berdosa berkunjung dan kemudian dibunuh oleh orang di negara tertentu dan tak dipermasalahkan oleh negara itu,” kata Senator Bob Corker dari Partai Republik.

Force diketahui juga berstatus sebagai mahasiswa Universitas Vanderbilt pada saat dia tewas. Sementara Pemerintah Palestina mengaku akan tetap meneruskan memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang anggota keluarganya ditahan oleh Israel karena berjuang melawan pendudukan Israel. (viva)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *