Senin 11 Desember 2017
  • :
  • :

Juli, Sektor Jasa AS Melemah

Juli, Sektor Jasa AS Melemah

Medan, SumutOnline – Aktivitas sektor jasa Amerika Serikat mencatatkan laju terlemah dalam setahun terakhir pada bulan Juli 2017, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan menurunkan optimisme mereka.

Survei dari Institute for Supply Management, menunjukkan indeks non-manufaktur turun ke level 53,9 pada bulan Juli, terendah sejak Agustus 2016 dan turun dari level 57,4 di bulan Juni. Adapun angka ini lebih rendah dari estimasi analis pada level 56,9.

Perlambatan pada sektor jasa bertentangan dengan data manufaktur ISM pekan ini yang menunjukkan bahwa sektor manufaktur lebih optimis daripada sektor jasa yang mewakili hampir 90 persen ekonomi.

Meski demikian, pertumbuhan yang lebih lambat pada penyedia layanan seperti peritel dan pengembang mungkin sejalan dengan menurunnya permintaan konsumen dan data konstruksi yang lebih lemah.

Sementara ekonomi AS terus berkembang dengan kecepatan yang moderat di tengah kenaikan lapangan kerja dan rendahnya suku bunga, penjualan ritel melemah dan pasar real estat lesu memasuki kuartal ketiga.

Pada saat bersamaan, penurunan sentimen mungkin bersifat sementara. Setelah indeks layanan turun menjadi 51,7 pada Agustus tahun lalu, indeks kemudian rebound pada bulan berikutnya dan menyentuh rata-rata sebesar 56,5 dari bulan September sampai Juni.

Menurut ISM dalam sebuah pernyataan, menyebutkan, 15 industri melaporkan pertumbuhan pada bulan Juli sementara hanya dua yang menunjukkan kontraksi. Adapun sebagian besar komentar responden positif mengenai kondisi ekonomi dan bisnis. (bisnis)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *