Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

PBB Temukan Ratusan Orang Dibantai di Kongo

PBB Temukan Ratusan Orang Dibantai di Kongo

Medan, SumutOnline – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan bahwa telah terjadi pembantaian massal terhadap setidaknya 250 orang termasuk 62 anak di Republik Rakyat Kongo belum lama ini. Pembantaian itu diduga terkait dengan masalah etnis, bahkan tak lepas dari campur tangan pemerintah.

Badan HAM PBB sudah mewawancarai setidaknya 100 saksi atas pembakaran massal terhadap manusia. Mereka menyaksikan dan mendengarkan para korban berteriak karena dibakar hidup-hidup.

Sementara para anggota keluarganya tak berdaya, hanya menangis dan harus melihat kerabat mereka dibantai. Sebagian dibunuh dengan senjata tajam.

Kejadian tragis itu berlangsung di Provinsi Kasai sebelah barat daya Kongo. Setidaknya ditemukan ada 80 kuburan massal terkait pembantaian ini.

“Kerabat dan survivor dari pembantaian menyaksikan saudara mereka dibakar dan sebagian dikejar-kejar untuk dibunuh,” kata perwakilan Komisi HAM PBB, Zeid Ra’ad Al Hussein.

Pembantaian manusia ini terjadi diduga tak lepas dari andil kelompok milisi yang bernama Bana Mura yang diketahui mendapatkan sokongan dari pemerintah. (viva)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *