Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Rabu, Museum Keris Diresmikan Presiden

Rabu, Museum Keris Diresmikan Presiden

Medan, SumutOnline –  Museum Keris yang berada di Kota Solo, Provinsi Jawa tengah rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, pada Rabu (9/8/2017) mendatang.

“Acaranya akan dimulai pukul 13.00 WIB, yang didahului prosesi dari Loji Gandrung,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, kemarin.

Dijelaskannya, sebanyak 171 keris koleksi museum tersebut akan dipamerkan kepada para pengunjung. “Kami pilih yang betul-betul ada pamornya, jangan anggap musyrik, kalau nyembah ya musyrik,” ujarnya.

Menurut Hadi, keris merupakan salah satu warisan budaya dari Indonesia yang sudah diakui oleh Unesco. Pihaknya berharap agar seni budaya tidak dikaitkan dengan agama apa pun.

Hadi juga menerangkan, awalnya berencana meresmikan museum di kisaran tanggal 25-27 Agustus 2017 bersamaan dengan pelaksanaan Jambore Revolusi Mental yang dipusatkan di Kota Solo.

“Saya sudah telepon beliau, tetapi Presiden minta dipercepat di tanggal 9 Agustus 2017 karena pada saat itu ada beberapa agenda di Solo,” tandasnya. (viva)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *