Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Paripurna PAW DPRD Sumut Dihujani Interupsi

Paripurna PAW DPRD Sumut Dihujani Interupsi

Medan, SumutOnline – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) yang dilaksanakan di Gedung Paripurna di Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (7/8/2017) dengan agenda Peresmian dan pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Sumut Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019 atasnama Reki Nelson J Barus (Fraksi Partai Gerindra) menggantikan Everady Sitorus dihujani interupsi.

Salah satunya yakni Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Gerindra, Astrayuda Bangun yang mengatakan, pelaksanaan PAW ini tidak bisa dilaksanakan karena masih berjalannya proses hukum untuk hal ini yang sedang dijalankan oleh Eveready. Selain itu juga adanya surat protes darinya.

“Di meja saya hari ini ada surat protes dari Everady dan proses hukum masih berjalan di pusat. Kita masih diikat dengan aturan tata terbit dewan. Pertanyaannya, apakah tatib ini masih menjadi ajuan kita. Kalau ini masih jadi ajuan kita, maka kita harus patuhi,” tegasnya.

Selain itu, Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PKB, Philip Perwira Juang Nehe juga mengatakan hal yang sama, bahwa anggota dewan telah terikat dengan tatib yang berlaku dan semua dewan harus taati itu.

“Pada saat rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sumut beberapa waktu lalu, saya sudah meminta agar menghormati langkah hukum yang diambil saudara Everady. Untuk itu, marilah kita menghormatinya,” ketusnya.

Sementara, Ketua Fraksi Partai Gerindra, Yantoni Purba mengatakan, mekanisme pengambilan sumpah jabatan PAW anggota dewan yang dilaksanakan hari ini, telah melalui proses yang ada di dewan, baik melalui rapat pimpinan maupun dengan seluruh fraksi. “Dan pada saat itu, seluruh fraksi sudah menyetujuinya,” ujar Yantoni.

Tidak hanya itu, pada rapat Banmus DPRD Sumut terakhir sudah menyetujui adanya proses PAW ini. “Jadi kalau dari proses mekanismenya sudah dilalui. Tidak ada lagi alasan untuk membatalkan paripurna ini,” cetusnya.

Yantoni juga menuturkan, pelantikan hari ini hanyalah acara pelantikan, bukan pemberhentian Eveready sebagai anggota dewan.

Akibat banyaknya anggota dewan yang melakukan interupsi, akhirnya pimpinan dewan menskors sidang paripurna DPRD Sumut sampai pukul 14.00 Wib, yang akhirnya memutuskan dilaksanakan PAW anggota DPRD Sumut.

Sebelumnya, rapat paripurna yang telah dibuka oleh Pimpinan DPRD Sumut, Ruben Tarigan Pukul 12.05 Wib, terpaksa harus di skors selama 15 menit dikarenakan belum hadirnya Gubernur Sumut (Gubsu) HT Erry Nuradi atau Wakil Gubsu DR Nurhajizah Marpaung di ruang paripurna DPRD Sumut.

Ketika dikonfirmasi oleh Sekwan DPRD Sumut terkait keberadaan Wagubsu, atas arahan dari Ruben Tarigan, Sekwan mengatakan Wagubsu sedang dalam perjalanan menuju ke Gedung DPRD Sumut dari salah satu Hotel di Medan di Jalan SM Raja.

“Ketika dihubungi Sekwan, Wagubsu masih diperjalanan. Dari Jalan SM Raja, Medan. Untuk dapat saya skors 15 menit,” ujarnya. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *