Selasa 12 Desember 2017
  • :
  • :

Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Karhutla di Palembang

Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Karhutla di Palembang

Medan, SumutOnline – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Ogan Ilir kembali terjadi, Sabtu (5/8/2017), pukul 14.00 Wib. Didaerah lain, Karhutla terjadi pada pukul 16.00 Wib dan pukul 18.00 Wib api semakin membesar.

Wilayah yang dilanda Karhutla meliputi Desa Arisan Jata dan Ulak Petangisan, Kecamatan Pemulutan Barat, Desa Sungai Rambutan atau tepatnya di kiri-kana jalan Pelembangan Inderalaya, Kecamatan Inderalaya, Palembang sebanyak 6 titik.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, DR Sutopo Purwo Nugroho, sejak kemarin upaya pemadamam telah dilakukan dengan menurunkan 3 unit helicopter MI 8 dan MI 17 yang berkapasitas bombing 4 ton.

“Helikopter ini sudah 5 terbang dan melakukan Water Bombing sebanyak 147 kali. Namun karena keterbatasan waktu terbang yakni sampai pukul 17.30 Wib, Water Bombing tidak dilanjutkan,” katanya, kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Minggu, (6/8/2017).

Dijelaskan Sutopo, pemadaman selanjutnya dilakukan oleh tim pemadaman darat yang terdiri dari unsur Satgas BPBD provinsi, BPBD Ogan Ilir, Manggala Agni, Pol PP provinsi, TNI dan Polri setempat.

Namun, lanjutnya, akibat keterbatasan dalam mobilitas personil dan peralatan, pemadaman tidak berlanjut. Hanya sampai dini hari dilakukan pemadaman darat, yakni pada pukul 23.12 Wib.

“Setelah itu, pemadaman dilanjutkan kembali hari ini, dengan menurunan 3 helikopter Bolkow MI 8 kapasitas 4 ton dan telah melakukan 4 kali penerbangan Water Bombing dengan total Water Bombing sebanyak 215 kali. Selain itu juga diturunkan satu unit Helikopter Bolkow dengan kapasitas 500 liter dan telah melakukan 3 kali penerbangan dengan Bombing sebanyak 123 kali,” ungkapnya.   .

Sutopo juga menjelaskan, kondisi hari ini terpantau ada 17 titik Hotspot di OI yaitu Desa arisan Jaya Ulak Rambutan Pemulutan dan disepajang kiri kanan Jalan Indralaya. (ss/rel)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *