Rabu 20 September 2017
  • :
  • :

KPU Sumut Gelar Lomba Buat Maskot dan Jingle Pilkada

KPU Sumut Gelar Lomba Buat Maskot dan Jingle Pilkada

Medan, SumutOnline, Berbagai cara dilakukan pemerintah agar masyarakat terlibat langsung dalam pesta demokrasi pada tahun 2018 mendatang. Salah satunya dengan membuat lomba kreatifas yang berkaitan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara tahun 2018.

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) pun menggelar Sayembara Maskot dan Jingle Pilgub Sumut 2018 yang mendapat respon baik masyarakat.

Komisioner KPU Sumut, Yulhasni mengatakan, tim juri telah menyelesaikan proses seleksi sayembara maskot dan jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgubsu) 2018. Proses seleksi ini diadakan sejak 6 September lalu hingga hari ini. “Nanti akan dipilih 3 pemenang dari tiap lomba maskot dan jingle,” ujarnya di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan,  Jumat, (8/9/2017).

Yulhasni menjelaskan, sudah ada sebanyak 41 karya maskot dan 28 karya jingle yang terdaftar dalam sayembara. Seluruh karya tersebut diseleksi oleh tim juri berdasarkan kesesuaian tema dan muatan lokal Sumut. Tim juri yang menyeleksi terdiri atas budayawan, akademisi musik, ahli komunikasi, dewan tetap KPU, dan designer grafis.

Tiga karya terbaik dari maskot dan jingle akan dipilih tim juri sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah dengan total Rp 45 juta. Sementara itu, juara pertama untuk lomba maskot dan jingle akan dipilih sebagai jingle dan maskot Pilgubsu Tahun 2018.

Pemenang akan ditentukan pada hari Minggu, 10 September 2017. Pengumuman dan penyerahan hadiah tersebut akan dilaksanakan pada saat launching Pilgubsu 2018.  “Untuk waktunya kita belum tentukan,” ujar Yulhasni.

Sayembara maskot dan jingle ini digelar oleh KPU Sumut untuk mensosialisasikan Pilgub Sumut yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Sebelumnya Sumut juga belum pernah punya maskot di setiap pelaksanaan pilgubsu,” tambah Yulhasni. Lomba ini perdana diadakan untuk menyemarakkan sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgubsu 2018.

Lomba maskot dan jingle ini mengangkat tema pilgubsu yang demokratis, dengan slogan “Suaramu Untuk Sumatera Utara, Ayo Memilih Untuk Sumatera Utara”.

Seluruh masyarakat umum di Sumatera Utara kecuali tim juri dapat berkontribusi dalam lomba tersebut. Sayembara maskot dan jingle telah dibuka pada 21 Agustus lalu, pendaftaran dan penerimaan karya telah ditutup  pada (4/9/2017). (os5)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *