Selasa 21 November 2017
  • :
  • :

UNIMED Ciptakan Mobil Hemat Andaliman

UNIMED Ciptakan Mobil Hemat Andaliman

Medan, SumutOnline – Mobil Hemat Andaliman Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan (UNIMED) diikutkan dalam kejuaraan Kontes Mobil Hemat Energi 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya yang digelar tanggal 6-12 November 2017.

Wakil Rektor III Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Sahat ketika melepas peserta Fakultas Teknik di Medan mengatakan, kontes mobil tersebut merupakan kegiatan yang cukup mewah dan bergengsi bagi perguruan tinggi. Hal tersebut, menunjukkan bahwa Unimed juga bisa bersaing dan mengambil andil dalam kompetisi tersebut.

“Pimpinan Unimed sangat merespon dan mendukung kegiatan mahasiswa yang mengikuti kompetisi mobil hemat yang dilaksanakan di ITS Surabaya,” ujarnya.

Sementara, Dekan Fakultas Teknik, Unimed, Prof Harun mengatakan, kontes mobil Andaliman itu bukan merupakan tujuan akhir, namun awal dan cikal bakal bagi Fakultas Teknik Unimed untuk berinovasi.

Mengikuti kontes mobil hemat energi, menurut dia, bukan semata untuk kemenangan, namun bentuk inovasi untuk bisa bersaing di kancah nasional. “Kita bisa belajar dari pengalaman nantinya disana, mengambil teknologi dan inovasi yang dapat kita adopsi di Unimed,” bilang Harun.

Sementara itu, Dosen Penggagas Mobil Andaliman Ir B Mahadi SGR, MT menyebutkan, nama Andaliman tumbuhan yang berasal dari daerah Tapanuli merupakan bumbu khas sumatera Utara, yang membuat rasa dan aroma makanan menjadi lebih menggugah.

“Saya berharap Andaliman itu, dapat menggugah kalangan akademisi Unimed agar terus berkarya, berinovasi dan menoreh prestasi,” tuturnya.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 adalah even yang diselenggarakan oleh Kemenristrk Dikti dalam skala nasional, setiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinghi.

KMHE berorientasi pada efesiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua bagian berdasarkan kategori kendaraan, yaitu urban dan prototype.

Mobil dalam kompetisi KMHE dibagi berdasarkan penggerak yang digunakan, diantaranya Motor Bakar (bahan bakar premium, solar dan etanol), motor listrik, dan Hybrid. (ant)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *