Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Banjir Langkat, Ratusan Hektar Lahan Warga Terendam

Banjir Langkat, Ratusan Hektar Lahan Warga Terendam

Medan, SumutOnline – Selain menyebabkan jebolnya bendungan, banjir yang melanda Kabupaten Langkat juga menyebabkan ratusan lahan pertanian dan perkebunan warga.

Ratusan hektar lahan persawahan dan perkebunan warga di Kabupaten Langkat terendam banjir sejak sepekan yang lalu dan petani mengalami kerugian jutaan rupiah.

Lahan pertanian yang banyak terendam terjadi Kecamatan Babalan dan Kecamatan Sei Lepan. Khusus di Kecamatan Sei Lepan, banjir merendam ratusan hektar lahan perkebunan karet dan kelapa sawit milik warga.

Salah seorang petani, warga Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Suroto menjelaskan, banjir menggenangi lahan karet dan kelapa sawit miliknya setinggi 1 meter lebih. Akibatnya ia tidak bisa memanen buah kelapa sawit dan karet.

“Sejumlah hasil panen karet juga ikut hanyut terbawa banjir. Petani didaerah ini, termasuk saya mengalami kerugian jutaan rupiah karena hasil perkebunannya yang terendam,” katanya, kepada SumutOnline, di Langkat, Minggu (12/11/2017).

Sementara di Kecamatan Babalan, jumlah lahan pertanian dan perkebunan yang terendam banjir diperkirakan mencapai lebih dari 500 hektar.

Berdasarkan data dari Kecamatan Sei Lepan, lahan persawahan yang terendam banjir berjumlah lebih dari 600 hektar.  Sebagian besar merupakan lahan yang baru saja ditanami padi dan sebagian lainya sudah berumur satu bulan.

Camat Sei Lepan, Faisal Rizal Matondang mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaporkan bencana banjir yang melanda lahan pertanian ini kepada Pemerintah Kabupaten Langkat, untuk diberikan bantuan. “Kita sudah laporkan bencana banjir ini ke Kantor Bupati Langkat,” ujarnya




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *