Kamis 14 Desember 2017
  • :
  • :

Lima Tanggul Sungai Jebol Akibat Banjir Langkat

Lima Tanggul Sungai Jebol Akibat Banjir Langkat

Medan, SumutOnline – Banjir yang melanda Kabupaten Langkat sejak sepekan terkahir juga menyebabkan tanggul sungai jebol diterjang banjir. Akibatnya ratusan hektar lahan perkebunan warga terendam air.

Banjir terparah masih merendam Kecamatan Sei Selpan dan Kecamatan Babalan. Selain merendam rumah warga, banjir juga menyebabkan sejumlah tanggul sungai jebol dierjang air banjir.

Salah satunya tanggul Sungai Elpan sepanjang 30 meter yang berada di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat.

Akibatnya, luapan banjir Sungai Lepan menggenangi ratusan hektar lahan perkebunan kelapa sawit dan karet warga di dua desa. Ketinggi air yang merendam perkebunan warga mencapai dua hingga 4 meter.

Sehingga warga tidak bisa memanen hasil karet dan buah kelapa sawit. Selain itu, sebagian hasil karet juga hanyut bersama air banjir. Akibatnya, warga menderita kerugian hingga jutaan rupiah.

Menurut warga, jebolnya tanggul sungai ini sudah terjadi beberapa kali saat banjir terjadi. Warga meminta pemerintah Kabupaten Langkat membangun tanggul permanen untuk menantisipasi luapan banjir.

Selain di Kecamatan Sei Lepan, lima tanggul Sungai Batang Serangan di Kecamatan Tanjung Pura juga jebol diterjang banjir. Akibatnya ratusan rumah warga sepanjang aliran Sungai Batang Sertangan terendam banjir. (ed)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *