Selasa 21 November 2017
  • :
  • :

Jokowi Harus Cermat Pilih Panglima TNI

Jokowi Harus Cermat Pilih Panglima TNI

Medan, SumutOnline – Presiden Republik Indonesia (RI). Joko Widodo diminta serius dalam mencermati setiap calon kandidat Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang baru dalam pergantian Jenderal Gatot Nurmantyo.

Menurut Peneliti Setara Institute, Indra Listiantara, pergantian Panglima TNI harus dijadikan momentum untuk membangun TNI yang profesional.

“Dalam proses pergantian Panglima TNI tidak boleh lepas dari kerangka untuk membangun sektor pertahanan Indonesia yang kuat dan modern ke depan, serta kepentingan untik agenda reformasi sektor keamanan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, masih kata Indra, saat kondisi politik penyelenggaraan agenda politik elektoral, pada Pilkada serentak tahun 2018 dan Pilpres 2019, maka dibutuhkan Panglima TNI yang tegas dan mampu menjaga netralitas.

Kemudian, lanjutnya, dalam membangun kekuatan tentu juga harus diimbangi dengan peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelololaan anggaran militer khususnya dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (alustista). (inc)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *