Jumat 24 November 2017
  • :
  • :

Wagubsu Tawarkan Nias kepada Tiongkok

Wagubsu Tawarkan Nias kepada Tiongkok

Medan, SumutOnline – Sumatera Utara memiliki banyak potensi yang bisa dilakukan kerjasama diberbagai bidang, seperti ekonomi, industri, energi dan infrastruktur.

“Dan saat ini sedang fokus pada pengembangan kabupaten/kota yang memiliki begitu banyak potensi namun belum tersentuh. Dengan kata lain belum ada kerjasama dengan investor. Seperti Nias,” kata Wakil Gubernur Sumut, Dr Nurhajizah Marpaung saat menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok Sun Ang yang datang bersama Consul for Economic and Commercial office, Mr. Liu Weigou dan Vice Consul and Interpreter for Administrativ, Ms. Chang Xiaozhu, di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (14/11/2017).

Pada kesempatan itu, Wagubsu menawarkan kepada Pemerintah Tiongkok untuk dapat melakukan kerjasama dan berinvestasi di Sumut terkhusus di Kabupaten Nias.

“Kenapa Nias, karena potensi laut dan wisatanya cukup indah namun belum tersentuh,” ungkap Wagubsu.

Nurhazijah juga menjelaskan, dalam waktu dekat ini Pemprovsu akan melakukan pengembangan terhadap Kabupaten Nias dan guna menunjang pengembangan tersebut, pihaknya akan mengembangkan Bandara Binaka yang merupakan Bandara di Kabupaten Nias.

“Perlu dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisata domestik maupun internasional ke daerah tersebut,” tegasnya.

Menanggapi tawaran tersebut Konjen Tiongkok, Sun Ang mengatakan pihaknya akan melakukan survei ke daerah tersebut. Karena sebelumnya Tiongkok telah melakukan survei dibeberapa daerah di Sumut. “Kabupaten Nias kami sudah pernah dengar, namun belum pernah kesana,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Sun, pihaknya mengharapkan agar dapat memperoleh informasi yang ada terkait potensi yang ada di Kabupaten Nias. Selain itu, Tiongkok datang ke Sumut untuk membicarakan dan berdiskusi tentang bidang apa-apa saja yang dapat dikerjasamakan dan berinvestasi.

“Diharapkan Ibu Wagubsu dapat memberikan informasi agar nantinya pihak Tiongkok menyampaikan dan dapat mengajak para pengusaha dari Tiongkok untuk berinvestasi,” tandasnya. (ki)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *