Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

Aun San Suu Kyi Respon Harapan Jokowi

Aun San Suu Kyi Respon Harapan Jokowi

Medan, SumutOnline – Pemimpin atau State Conseulor Myanmar Ang San Suu Kyi memberikan respons pada harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta para pemimpin ASEAN mengenai masalah Rakhine State pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN, di Manila, Filipina, kemarin.

“Ada tiga poin yang disampaikan Suu Kyi, termasuk diantaranya mengenai kesiapan Myanmar melaksanakan repatriasi pengungsi Rakhine segera setelah MoU dengan pemerintah Bangladesh ditandatangani,” kata Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi dalam keterangan pers di Hotel Diamond, Manila, Filipina, Selasa (14/11/2017).

Seperti dilansir dari Setkab.go.id, Menlu Retno mengatakan, babhwa Presiden Jokowi adalah pemimpin ASEAN pertama yang menyampaikan isu soal penyelesaian Rakhine State, baik pada saat KTT ASEAN maupun saat bertemu dengan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guitteres, kemarin.

Saat itu, Presiden Jokowi menekankan agar negara-negara ASEAN bergerak lebih cepat dan maju dalam menyelesaikan masalah Rakhine State. Sebab, jika berlarut-larut masalah ini berpotensi menimbulkan masalah radikalisasi dan perdagangan manusia. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *