Kamis 23 November 2017
  • :
  • :

Pemprovsu Harus Anggarkan Gaji Guru Honor

Pemprovsu Harus Anggarkan Gaji Guru Honor

Medan, SumutOnline – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) diminta menganggarkan gaji guru honor SMA/SMK sederajat di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018.

“Gaji guru honor harus dianggarkan meskipun secara bertahap yakni pada R-APBD 2018 dan di P-APBD 2018.  Karena, Sumut akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, yang menelan anggaran cukup besar,” kata Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Zahir MAP, kepada wartawan di Medan, Rabu (15/11/2017).

Zahir menjelaskan, besaran dana Pilkada untuk Sumut dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut mencapai Rp855,9 miliar dan membuat pagu Dinas Pendidikan Sumut untuk Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2018 menurun menjadi Rp94,98 miliar dari APBD 2017 yang mencapai Rp144,780 miliar.

“Kita sudah sampaikan kepada Tim Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD) Provsu, agar alokasi gaji guru honor harus ada didalam pagu anggaran Dinas Pendidikan dan Rekomendasi Komisi E DPRD Sumut dialokasikan Rp44 miliar pada R-APBD 2018 dan berikutnya pada P-APBD 2018 juga sebesar Rp 45 miliar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Zahir, surat keterangan (SK) guru honor harus segera diperbaharui, baik yang dikeluarkan gubernur atau Sekda. Karena selama ini SK pengangkatan guru honor dari kepala daerah (Kdh) atau kepala sekolah.

“Kalau sudah ada SK dari Provsu, maka berlaku lah 15 pesen dana dari BOS untuk membayar gaji guru honor, ditambah lagi dengan dana dari APBD Sumut dan bantuan dana kabupaten/kota,” tandansya. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *