Jumat 24 November 2017
  • :
  • :

Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia Akan Digelar

Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia Akan Digelar

Medan, SumutOnline – Perhelatan Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia 1-3 Desember 2017 di Tolping dan Pangururan, Kabupaten Samosir menampilkan operet budaya yang bertajuk Sedekah Bumi Danau Toba. Diharapkan dengan penampilan budaya ini dapat mendukung pembangunan obyek wisata Danau Toba ke depan.

Menurut Wakil Ketua Panitia Ziarah Akbar Silalahi Raja, Marudut Silalahi, dalam memajukan pengembangan obyek wisata Danau Toba sudah menjadi cita-cita seluruh warga Sumut. Untuk itu, melalui Ziarah Akbar Silalahi Raja yang digelar 1-3 Desember 2017 di Tolping dan Panguruan Kabupaten Samosir pihaknya mengimbau agar seluruh keturuan Silahisabungan terutama Silalahi Raja, anak, boru, bere dan ibebere di seantero jagad raya dapat menyemarakkan Ziarah Akbar itu.

Ia juga menegaskan, Ziarah Akbar Silalahi Raja ini dalam rangkaian ‘marsombu sihol’ dan memupuk kebersamaan diantara keturunan Silalahi Raja se antero jagad raya.

Disebutkan, panitia sudah punya visi misi untuk Ziarah Akbar Silalahi Raja ini, yakni mempererat silaturahmi diantara keturunan Silalahi Raja di tanah air, menyamakan persepsi untuk membangun ‘bona pasogit’ (kampung halaman) Kabupaten Samosir, memberdayakan seluruh keturunan Silalahi Raja dalam satu wadah serta mendukung program pemerintah untuk pengembangan sektor pariwisata Danau Toba.

Sementara itu, Pemprovsu menyambut baik untuk kegiatan Ziarah Akbar Silalahi Raja 1-3 Desember di Tolping dan Pangururan, Kabupaten Samosir.

”Ini penting, kita mendukung Ziarah Akbar Silalahi Raja di Samosir. Harapan kita agar melalui kegiatan ini potensi Danau Toba dapat berkembang, terkhusus kepada masyarakat yang berdomisili 7 kabupaten/kota di sekitar Danau Toba. Mind set (pola pikir) masyarakat harus berubah sehingga obyek wisata Danau Toba bisa dikembangkan seperti obyek wisata Bali dan obyek wisata lainnya. Intinya mindset berpikir masyarakatnya harus diubah,” kata Plt Sekda Provsu, Ibnu Hutomo.

Ibnu menambahkan, pihaknya akan menyampaikan ke Gubsu agar bersedia membuka secara resmi Ziarah Akbar silalahi Raja sekaligus menabur benih (bibit) ikan 139 ekor ke Danau Toba.

”Saya akan sampaikan ke Gubernur, sehingga nantinya membuka secara resmi kegiatan Ziarah Akbar Silalahi Raja ini,” imbuh Sekda.

Hadir di sana Sudirman Sihotang, Sekretaris Panitia, Bendahara Risdawati Rame Silalahi, Koordinator Sie Dana, Ricardo Silalahi SH MHum, Horas Silalahi, Apul Antonius Silalahi dan St Drs BRD Silalahi, Ketua Silalahi Raja Medan Kota. (ki)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *