Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Ngunduh Kahiyang-Bobby, Prajurit TNI Gladi Pemberian Marga

Ngunduh Kahiyang-Bobby, Prajurit TNI Gladi Pemberian Marga

Medan, SumutOnline – Pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu telah berlangsung secara meriah 8 Nopember lalu di Solo. Beberapa hari lagi akan berlangsung Ngunduh Mantu Presiden di kediaman keluarga Bobby Nasution Komplek Taman Setiabudi Indah, Bukit Hijau Regency, Selayang, Medan.

Acara adat Tapanuli Selatan, kampung asal Bobby tersebut mulai akan digelar, pada (21/11/2017) mendatang. Pada hari itu, Kahiyang akan diberikan marga Siregar.

Persiapan utuk itu kini telah dilakukan, seperti gladi pelaksanaan pemberian marga yang diperagakan oleh prajurit yang dihadiri Raja Adat Mandailing, Anak Boru, Mora, Kahanggi, Raja Panusunan, Raja Adat Padang Bolak, Raja Adat Sidempuan, Raja Adat Angkola, kemarin.

Nantinya acara demi acara yang digelar merupakan bagian dari adat Mandailing dan Tapanuli Selatan. Usai pemberian marga, Bobby dan Kahiyang akan meminta izin kepada Raja Panusunan Bulung, tetua dalam adat Mandailing, untuk menabuh gordang sambilan.

Pada upacara adat perkawinan, gordang sambilan dimainkan saat menyambut pengantin, tamu dan setelah pemberian gelar adat. Namun sebelum itu, akan ada acara pemotongan kerbau jantan besar sebagai syarat meminta izin kepada raja tersebut. “Pada (24/11/2017) mnendatang acaranya meminta izin kepada raja-raja untuk menabuh gordang sambilan,” dijelaskan.

Selanjutnya, pada keesokan harinya atau pada (25/11/2017), Bobby dan Kahiyang akan diberikan gelar dari raja-raja yang Bobby akan mendapatkan gelar Sutan Kumala Abdul Rahman dan Kahiyang akan diberi gelar Namora. Namun, dia belum mau menyebutkan gelar lengkap untuk Kahiyang tersebut.

Acara pun berlanjut hingga (26/11/2017). Pada hari itu, resepsi pernikahan umum akan digelar dan masih bertempat di kediaman keluarga Bobby. (ki)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *