Kamis 14 Desember 2017
  • :
  • :

Di Pulau Ini, Usia 81 Tahun Dianggap Muda

Di Pulau Ini, Usia 81 Tahun Dianggap Muda

Medan, SumutOnline – Ikaria, salah satu pulau di Yunani layak menjadi pusat perhatian. Selain pulaunya yang indah dengan pemandangan laut biru, warganya berumur panjang. Satu dari tiga orang populasi Ikaria dilaporkan melewati usia 90 tahun.

Warga Ikaria disebutkan hidup tanpa stres dan melakukan kegiatan dengan spontan tanpa harus direpotkan dengan pekerjaan barat. Mereka mengerjakan apa yang mereka sukai dan minati.

Salah satunya Ioanna Proiou yang sudah berusia 105 tahun masih menikmati mengerjakan tenun dan rajutannya setiap hari.

Proiou mengatakan, betapa dia melakukannya dengan sukacita. Meski rambut sudah memutih seluruhnya namun Proiou masih terlihat sehat. “Tetap lakukan apa yang kau sukai. Saya pun begitu,” ungkapnya.

Sementara mantan dokter Christodoulos Xenakis mengakui bahwa resep umur panjang warga Ikaria adalah mereka juga tak berhenti melakukan rutinitas. Namun mereka melakukan rencana yang sudah mereka buat sebelumnya dan itu bisa berubah.

Seperti Xenakis misalnya, dia dalam pekan ini akan ikut balapan perahu meski umurnya sudah di atas 90 tahun.

Yang menarik menurut pengakuan Xenakis, orang berusia 81 tahun disana digolongkan masih usia muda. Xenakis menunjukkan salah satu contoh warga yang dianggap masih muda padahal sudah melewati hidup 8 dekade lamanya.

Perspektif itu muncul karena masyarakat Ikaria yang memang panjang umur dibandingkan warga di negara lain. Menuju Ikaria maka perlu berlayar dengan kapal ferry sekitar 9 jam di Laut Aegea dari Kota Athena.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *