Selasa 12 Desember 2017
  • :
  • :

Kahiyang-Bobby Disambut 7 Pasang Suami-Istri

Kahiyang-Bobby Disambut 7 Pasang Suami-Istri

Medan, SumutOnline – Tujuh pasang suami-istri dan keluaraga di Medan menyambut kedatangan Kahiyang Ayu dengan suaminya Bobby Nasution dengan acara adat yang diberi nama “Haroan Boru”

“Informasi yang kami terima mereka akan tiba di Kuala Namu pada pukl 13.30 WIB,” kata koordinator media center Bobby-Kahiyang, Tim teknis media center, Deddy Armaya, Minggu (19/11/2017) sementara penyambutan di kediaman keluarga Bobby sesuai jadwal 13.30-17.30 wib.

Setelah tiba di Medan, nantinya kedua pasangan Bobby dan Kahiyang langsung menuju kediaman rumah orang tua Bobby yang berada di Komplek Bukit Hijau Regency (BHR) Setia Budi.Jumlah tamu dierkirakan sebanyak 250 orang.

Acara Haroan Boru merupakan acara adat yang pertama dilakukan oleh pihak keluarga mempelai laki-laki terhadap menantunya. Acara ini menjadi bentuk penyambutan mereka terhadap Boru (perempuan) yang menjadi anggota keluarga baru bagi mereka. Acara “Haroan Boru” di rumah orang tua Bobby itu sendiri nantinya akan dihadiri oleh sanak keluarga dan juga pengetua-pengetua adat.

Saat kedua hendak masuk rumah, pada pintu rumah tadi telah disiapkan berbagai jenis tumbuhan antara lain batang pisang yang harus diinjak Kahiyang ketika memasuki rumah. Makna batang pisang dan tumbuhan lainnya yang ada di sana merupakan perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Karenanyalah batang pisang dan tumbuhan lainnya itu disebut dengan istilah ‘dingin dingin’.

Sesudah beberapa kata sambutan maka kepada Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disuguhkan beberapa jenis makanan adat seperti “ltak yang pakai santan” dan makanan lainnya.

Rangkaian acara ada lainnya juga akan dilangsungkan beberapa hari kedepan seperti pemberian marga Siregar nantinya dilakukan pada 21 November 2017. Setelah pemberian marga Siregar lalu dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November – 25 November 2017, serta pada 26 November 2017 resepsi umum. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *