Kamis 14 Desember 2017
  • :
  • :

Bupati DS Tabur Benih Padi Jarwo Super

Bupati DS Tabur Benih Padi Jarwo Super

Percut Sei Tuan, SumutOnline – Bibit padi jenis Jarwo Super yang akan disemai di penangkaran benih yang ada di Kabupaten Deli Serdang, diharapkan menjadi bibit utama yang akan ditanam di lahan persawahan yang luasnya berkisar ratusan hektar di Desa Cinta Damai, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Bahkan usai disemai nantinya, akan dilakukan penanaman secara besama dengan para petani yang tujuannya untuk meningkatkan hasil panen yang maksimal.

“Dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang tentu akan melakukan yang terbaik bagi para petani yang ada di wilayah ini,” kata Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan, kemarin.

Menurut Ashari, peran petani dinilai sangat penting dalam kemajuan suatu desa atau wilayah, sehingga sangat logis pekerjaannya mendapat perhatian optimal dari semua pihak, termasuk Pemerintah Pusat.

“Bertani adalah pekerjaan yang sangat mulia dan bahkan berperan dalam kemajuan ekonomi masyarakat di dalam berbangsa dan negara,” tuturnya.

Ashari juga menjelaskan, bahwa pemberian bantuan bibit benih padi ini, merupakan salah satu langkah strategis untuk mewujudkan swasembada pangan dan pemerataan pertanian di Deli Serdang.

“Desa ini secara umum cukup dikenal luas lahan pertanian dan persawahannya yang mencapai ribuan hektar,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Desa Cinta Damai, Jarisman Sitanggang menekankan, pihaknya selalu berupaya melakukan pembinaan bagi kepada para petani yang melakukan penangkaran benih padi.

“Jika hasil bibit ini sudah ditanam, niscaya panen padi kali ini akan terwujud dengan maksimal. Untuk itu, masyarakat petani sangat bangga karena apa yang dikerjakannya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat khususnya padi sebagai makanan pokok dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Jasirman yang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deli Serang ini, juga menjelaskan, jika lahan pertanian maju dan berkembang, tentunya para petani tidak akan menderita,

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Petani, Pider Lumbanbatu berharap agar kerjasama yang telah dibina selama dengan masyarakat petani dapat terus dilakukan hingga kapanpun, karena hasil dari kerja para petani itu sendiri dianggab sangat baik dalam menentukan masa depan petani yang ada di Desa itu.

Menurutnya, usai disemai selama 10 atau 15 hari, akan dilakukan penanamam bibit padi, sekaligus pembelian pupuk yang dijadwalkan awal Desember 2017 mendatang. Dan tentunya padi itu sudah di panen dalam waktu 90-100 hari.

Sementara itu, KUPT P&P Kecamatan Percut Sei Tuan H Sahbudin Dalimunthe MPd, mengatakan dengan meningkatnya hasil pertanian sesuai harapan pemerintah, dengan sendirinya proses pendidikan berkarakter untuk siswa di sekolah pun akan cepat maju.

Menurutnya, jika murid makan sempurna maka siswa pun dapat berpikir cerdas dan cepat, tandas Sahbuddin. (tj)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *