Kamis 26 April 2018
  • :
  • :

Ilmuwan Ciptakan Alat Daya Ingat

Ilmuwan Ciptakan Alat Daya Ingat

Medan, SumutOnline – Sekelompok ilmuwan di Amerika Serikat kabarnya telah berhasil menciptakan alat yang bisa meningkatkan daya ingat manusia.

Para ilmuwan dari University of Southern California (USC) itu menciptakan alat berupa implan otak yang berpotensi bisa membantu mempertahankan ingatan penderita penyakit syaraf otak seperti Alzheimer.

Implan otak ini bekerja secara unik karena dapat mengenali pola gelombang otak dan merekamnya. Saat fungsi otak menurun, alat ini akan memberikan stimulasi khusus yang berisikan gelombang otak yang sudah terekam. Hasilnya, daya ingat akan bertambah.

Para ilmuwan mengatakan bahwa dengan alat ini, daya ingat jangka pendek bisa meningkat hingga 15 persen.

Menurut salah satu peneliti, Profesor Dong Son, temuan barunya ini sudah diuji di 20 sukarelawan yang mengidap penyakit epilepsi yang merupakan salah satu penyakit syaraf otak. Hasilnya, para pasien bisa ditingkatkan memori fungsionalnya hingga 25 persen.

Walau demikian, Profesor Son mengatakan jika alat ini masih belum siap dipasarkan secara komersil. Ia beserta timnya masih ingin meningkatkan kapabilitas alat ini serta memastikan pemakaiannya tidak memiliki efek samping yang bisa berakibat fatal ke pengguna. (inc)




KOMENTAR