Kamis 14 Desember 2017
  • :
  • :

KONI se-Sumatera Dukung PON Sumut-Aceh

KONI se-Sumatera Dukung PON Sumut-Aceh

Medan, SumutOnline – Rapat Koordinasi (Rakor) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Sumatera yang berlangsung di Medan, Sabtu (18/11/2017) menjadi awal komitmen dukungan terhadap event Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar bersama oleh Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh sebagai tuan rumah.

Pelaksanaan Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Ibnu S Hutomo mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana menjadi tuan rumah bersama PON pada 2024 mendatang. Untuk itu, dirinya mengapresiasi dukungan KONI se-Sumatera yang menambah semangat dan optimisme bagi dua provinsi untuk meyakinkan KONI di seluruh Indonesia.

Ibnu menyampaikan, dengan kebersamaan kedua provinsi, niat menjadi tuan rumah PON dapat diwujudkan. Terlebih kedua provinsi paling ujung Barat Nusantara ini khususnya masyarakatnya memiliki kedekatan dalam berbagai hal. Sehingga kondisi ini menjadi faktor pendukung daya juang untuk mewujudkan tekad ini.

“Terimakasih kami ucapkan kepada KONI se Sumatera yang memberikan dukungan moril kepada Sumut dan Aceh. Kalau niat ini terwujud maka akan semakin mengeratkan hubungan antara Sumut dan Aceh,” katanya.

Sementara Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Aceh, Abdul Karim mengatakan mereka pernah mengajukan diri sebagai tuan rumah PON untuk 2020, namun kalah bersaing dengan Papua yang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah PON ke XX tiga tahun mendatang.

Sementara niat tersebut diteruskan untuk gelaran PON XXI 2024 setelah Papua. Namun di saat yang sama, Sumut juga mengajukan niat untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Nusantara itu. Karenanya berdasarkan pengalaman, maka diambil jalan agar tuan rumah digandeng bersama-sama agar kedua ya bisa diakomodir.

“Tentunya untuk mewujudkan niat tersebut, kita butuh dukungan dari semua pihak. Terima kasih kami ucapkan kepada KONI Se- Sumatera yang memberikan dukungan kepada Sumut dan Aceh untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON tahun 2024,” katanya sembari menyebutkan bahwa menjadi tuan rumah akan menjadi bukti bahwa provinsi mereka aman dan nyaman untuk even Nasional.

Selain itu, dukungan juga datang dari Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX/2020. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Papua Yunus Wonda sekaligus memaparkan perkembangan persiapan pelaksanaan pesta olahraga Nusantara yang digelar empat tahun sekali. (ki)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *